Rayakan HUT RI, Pelindo Terminal Petikemas Tanam 632 Terumbu Karang di Surga Bawah Laut Lampung

Arif Ardliyanto
Pelindo Terminal Petikemas Tanam 632 Terumbu Karang di Surga Bawah Laut Lampung. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia dilaksanakan berbeda, PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) dan PT IPC Terminal Petikemas (IPC TPK) melakukan aksi nyata yang berdampak besar bagi lingkungan. Di Pulau Pahawang, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, kedua perusahaan ini menanam 632 bibit terumbu karang sebagai bentuk kontribusi mereka terhadap kelestarian alam.

Kegiatan penanaman ini dilakukan di area terumbu karang yang mengalami kerusakan akibat aktivitas manusia. Menurut Widyaswendra, Corporate Secretary PT Pelindo Terminal Petikemas, aksi konservasi ini adalah bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo Group, sekaligus wujud kepedulian terhadap ekosistem laut yang ada di sekitar wilayah operasional perusahaan.

"Pulau Pahawang dipilih karena di sinilah kami memiliki area kerja yang padat dengan aktivitas pelayaran. Dengan menanam 632 bibit terumbu karang di 79 rak di area seluas 158 meter persegi, kami ingin memberi makna lebih dalam perayaan kemerdekaan tahun ini," ujar Widyaswendra.

Kegiatan ini tak hanya menjadi momen penting bagi SPTP dan IPC TPK, tetapi juga bagi komunitas lokal. Bersama Lampung Underwater Community (LUC) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pulau Pahawang, aksi konservasi ini berhasil menjadi penanaman terumbu karang terbesar di pulau tersebut.

Pulau Pahawang sendiri adalah destinasi wisata yang memikat dengan keindahan alam bawah lautnya. Dengan luas wilayah 1.020 hektar dan populasi 1.837 jiwa, mayoritas penduduknya menggantungkan hidup dari sektor pariwisata. 

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network