Risma-Gus Hans Resmi Daftar ke KPU Jatim

Ali Masduki
Risma-Gus Hans menyerahkan berkas pendaftaran di Kantor KPU Jatim, Kamis (29/8/2024). Foto/KPU Jatim

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) menerima pendaftaran pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2024, Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta. Pendaftaran dilaksanakan di Kantor KPU Jatim, Kamis (29/8/2024).

Risma-Gus Hans menjadi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2024 kedua yang mendaftar ke KPU. Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi bersyukur di hari terakhir penerimaan pendaftaran, pihaknya menerima kedatangan partai politik pengusul pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2024, Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta. 

Aang mengatakan, pada 27-29 Agustus 2024 memang merupakan tahapan pendaftaran sesuai PKPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024. 

Aang juga bersyukur lantaran komunikasi dengan perwakilan dari PDIP sebagai partai pengusul dapat berjalan sangat baik.

"Kami ucapkan terima kasih atas berkoordinasi dengan penghubung dari PDIP sebagai partai pengusul yang selalu berinteraksi dengan baik terkait pembukaan akun Silon dan sebagainya," kata Aang.

Aang menyampaikan, berdasarkan laporan dari tim verifikator yang telah ditetapkan, dokumen pasangan calon Tri Rismaharini dan Zahrul Azhar Asumta dinyatakan lengkap, sehingga dapat diterima. 

Selanjutnya, Kata Aang, sesuai peraturan yang ada, pasangan tersebut akan menjalani pemeriksaan kesehatan pada 31 Agustus 2024.

"Dan sebagaimana ketentuan yang telah diatur dalam PKPU, setelah berkas dinyatakan lengkap, akan dilakukan pemeriksan kesehatan. Nanti akan kami beri surat pengantar. Untuk jadwalnya akan dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2024 jam 07.00 WIB pagi," ujarnya.

Aang pun memohon dukungan dari semua pihak, utamanya warga Jawa Timur untuk bersama-sama mensukseskan Pilgub Jatim 2024. Dimana untuk pertama kalinya, Pilgub Jatim akan dilaksanakan bersamaan dengan Pilkada di tingkat kabupaten/ kota.

Aang juga memohon interaksi, masukan, dan sebagainya untuk kesuksesan Pilgub Jatim 2024. KPU, kata dia, tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dari seluruh masyarakat Jatim.

"Mudah-mudahan interaksi, kerja sama, bisa kita kembangkan, berkolaborasi untuk mewujudkan demokrasi di sebuah provinsi yang besar dengan jumlah kabupaten/ kota terbanyak se-Indonesia," ucapnya.

Bakal calon Gubernur Jatim Tri Rismaharini berterima kasih atas keramahtamahan dan sambutan yang baik dari KPU Jatim selama proses pendaftaran. Risma berjanji, dirinya tidak akan mengecewakan jajaran KPU maupun Bawaslu Jatim, dan akan mengikuti seluruh aturan yang ada.

"Saya mohon dengan hormat baik jajaran KPU dan jajaran Bawaslu, kalau kami salah kami siap ditegur. Kalau ada yang lain yang salah, mohon dilakukan hal yang sama," tutup Risma

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network