Dorong Pelaku Usaha Lokal Masuk Pasar Global, BCA Gelar UMKM Indonesia Go Export 2024 di Surabaya

Ali Masduki
Pembukaan Workshop UMKM Indonesia Go Export 2024 di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (03/9/2024). Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

Selain memberikan pelatihan, peserta program UMKM Indonesia Go Export 2024 akan menerima pendampingan dari BCA dan ICC Indonesia untuk mengakses pasar internasional. 

Pendampingan ini mencakup berbagai aspek, mulai dari keterlibatan UMKM dalam ajang bergengsi seperti Trade Expo Indonesia hingga bimbingan dalam proses transaksi dengan calon pembeli dari luar negeri. 

Bakti BCA telah melaksanakan program UMKM Indonesia Go Export sejak 2023. Pada tahun 2024, Bakti BCA memperluas cakupan program ke 3 kota baru yaitu Malang, Bandung, dan Surabaya. Dari pelaksanaan di Yogyakarta dan Semarang pada 2023, BCA berhasil membimbing 2 UMKM peserta melakukan ekspor. 

Setelah mendampingi Wastraloka mengekspor produk unggulannya ke salah satu negara di Asia pada 2023, Bakti BCA juga mendampingi Prospero Food Realcho mengirimkan produk cocoa powder sebanyak 2 kontainer dengan total 34 metrik ton dan nilai transaksi sebesar US$57.800 (sekitar Rp907 juta), Agustus lalu. 

Dukungan berkelanjutan BCA kepada pelaku UMKM juga terwujud melalui penyelenggaraan workshop sertifikasi halal, yang telah membantu penerbitan 1.000 sertifikat halal sepanjang 2023. 

BCA juga berupaya mempermudah akses UMKM ke pasar potensial melalui berbagai acara yang mempertemukan UMKM dengan calon pembeli. 

Terbaru, BCA telah menyelenggarakan BCA UMKM Fest 2024 dengan partisipasi lebih dari 1.200 UMKM yang mempromosikan produk-produk unggulan mereka. 

“Kami menyadari bahwa banyak UMKM masih mengalami tantangan dalam memperluas jangkauan bisnis mereka ke pasar internasional. Kami menyelenggarakan kembali Workshop UMKM Indonesia Go Export tahun ini dengan tujuan mencetak lebih banyak UMKM yang mampu berkembang dan bersaing di pasar ekspor. BCA berharap inisiatif ini dapat meningkatkan aktivitas ekspor UMKM dan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia,” tutup Hera. 

Editor : Ali Masduki

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network