Marsma TNI Abdur Rachman Alkaf Resmi Dikukuhkan Sebagai Doktor Manajemen dari FEB Unitomo

Ali Masduki
Penyerahan Piagam Kelulusan Prodi Doktor Manajemen oleh Ketua Penguji Prof. Dr. Siti Marwiyah, SH, MH kepada Promovendus 1. Foto/Humas Unitomo

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB Unitomo) menggelar ujian terbuka promosi doktor bagi Marsekal Pertama TNI Abdur Rachman Alkaf, SE., MM., Ph.D., CHRP. 

Acara yang berlangsung di Auditorium Ki Moh Saleh ini menjadi momen penting dalam dunia akademik dan militer, khususnya dalam bidang ilmu manajemen.

Dalam sidang tersebut, Marsekal Pertama TNI Abdur Rachman Alkaf selaku promovendus mempresentasikan disertasi berjudul “Efektivitas Disiplin Kerja pada Strategi Peningkatan Kinerja Perwira TNI AU di Indonesia”, yang membahas kinerja perwira TNI AU dengan fokus pada kepemimpinan, motivasi, pelatihan, dan budaya organisasi sebagai faktor yang mempengaruhi disiplin kerja.

Penelitian yang melandasi Disertasi Marsma TNI Abdur Rachman Alkaf ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. 

Sampel diambil dari 400 perwira TNI AU dan dianalisis menggunakan metode SEM PLS.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja perwira TNI AU. 

Disiplin kerja terbukti menjadi mediator penting dalam meningkatkan kinerja.

Rektor Unitomo Prof. Dr. Siti Marwiyah, SH, MH  menyampaikan apresiasi atas kontribusi disertasi ini terhadap pengembangan teori manajemen dan aplikasinya dalam lingkungan militer. 

“Penelitian ini memberikan sumbangsih signifikan bagi manajemen strategis di lingkungan militer,” ujar Rektor Unitomo ini.

Marsma TNI Abdur Rachman Alkaf menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas dukungan yang diterimanya selama penyusunan disertasi. 

“Saya mengucapkan banyak terima kasih atas bimbingan dan arahan yang optimal dari seluruh dosen Program Doktor Manajemen FEB Unitomo dan berharap hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi TNI AU dan memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara,” ujar promovendus yang saat ini menjabat sebagai Dirsarpras BASARNAS ini.

Setelah melalui proses ujian terbuka yang berjalan dengan lancar, Marsekal Pertama TNI Abdur Rachman Alkaf resmi dikukuhkan sebagai Doktor Manajemen dari FEB Unitomo, menandai pencapaian akademik tertingginya di bidang ilmu manajemen strategis. 

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network