Tembakan Salvo Serempak Membahana di Lanudal Biak, Antar Prajurit Yang Gugur di Medan Tugas

Ali Masduki
Prajurit Lanudal Biak yang tergabung dalam regu salvo menembakkan peluru salvo ke udara, Rabu (02/3/2022). (Foto: Dispen Puspenerbal)

BIAK, iNews.id -  Prajurit Lanudal Biak yang tergabung dalam regu salvo menembakkan peluru salvo ke udara, Rabu (02/3). Penembakan serempat ke udara tersebut sebagai tanda penghormatan terakhir kepada jenazah prajurit yang gugur di medan tugas.

"Kegiatan tersebut merupakan Opslat P5T, sebuah latihan upacara Pemakaman Militer," kata Komandan Lanudal Biak, Kolonel Laut (KH) Martinus D.A.W. Latihan yang dilaksanakan di lapangan apel Mako Lanudal Biak ini diikuti seluruh personel Lanudal maupun Wing Udara 3.

Latihan yang juga dihadiri oleh Komandan Wing Udara 3 Biak Letkol Laut (P) Sahid Hamdani, beserta Perwira staf Wing Udara 3 dan diselenggarakan dalam rangka pelaksanaan Gladi Tugas Tempur TW I Lanudal Biak TA 2022. 

Tujuannya untuk mempertahankan keterampilan perorangan maupun beregu dalam melaksanakan tugas kemiliteran di Kesatrian TNI AL, sekaligus sebagai tolok ukur untuk meningkatkan kemampuan prajurit agar selalu siap melaksanakan tugas.

Latihan dimulai dengan prosesi pasukan pengusung jenazah. Saat memasuki lokasi pemakaman, prajurit melangkah perlahan disusul dengan regu salvo. Kemudian Komandan Upacara melaksanakan laporan kepada Inspektur Upacara, hingga pada akhirnya regu salvo menembakkan peluru salvo ke udara sebagai tanda penghormatan terakhir kepada jenazah.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network