KAI Daop 8 Surabaya dan Satlantas Polres Tanjung Perak Gelorakan Budaya Taat Berlalu Lintas

Ali Masduki
Sosialisasi Keselamatan di Perlintasan di JPL 405a, Jl Dupak Rukun, Kota Surabaya, petak jalan antara Stasiun Surabaya Pasarturi - Stasiun Tandes, KM 227+066, pada Kamis (19/9). Foto/Daop 8 Surabaya

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Dalam rangka HUT KAI Ke- 79 dan HUT Korlantas Polri Ke-69, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya bersama dengan Satlantas Polres Tanjung Perak, Dishub Kota Surabaya dan beberapa elemen lainnya melaksanakan Sosialisasi Keselamatan di Perlintasan di JPL 405a, Jl Dupak Rukun, Kota Surabaya, petak jalan antara Stasiun Surabaya Pasarturi - Stasiun Tandes, KM 227+066, pada Kamis (19/9).

“Sosialisasi bertajuk “Taat Berlalu Lintas di Perlintasan, Cermin Budaya Bangsa Indonesia Maju” dilakukan sebagai upaya meningkatkan keselamatan dan keamanan di perlintasan sebidang kereta api agar keselamatan lalu lintas di perlintasan sebidang dapat terus ditingkatkan,” ungkap Executive Vice President KAI Daop 8 Surabaya, Wisnu Pramudyo.

Wisnu Pramudyo menjelaskan bahwa peserta kegiatan sosialisasi keselamatan di perlintasan selain dari pekerja KAI, juga melibatkan personil Polres Tanjung Perak, Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Kejaksaan Tanjung Perak, Pengadilan Negeri Surabaya, Bank BRI, Jasa Raharja, serta komunitas pecinta kereta api.

Sosialisasi ini dilakukan secara humanis serta tetap mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan. Namun demikian, petugas dari Satlantas Polres Tanjung Perak akan melakukan penegakan hukum berupa tilang ditempat kepada masyarakat yang melakukan pelanggaran aturan berlalu lintas, khususnya di perlintasan sebidang. 

Sebelumnya, pada Selasa hingga Rabu (17/18), sosialisasi telah dilakukan dan memberi peringatan l kepada pengendara yang melanggar rambu lalu lintas.

Sebagai bentuk penghargaan terhadap masyarakat yang disiplin berkendara, KAI juga akan memberikan hadiah berupa souvenir menarik kepada pengendara yang tertib berlalu lintas. 

"Pemberian souvenir akan diberikan kepada pengendara yang disiplin seperti yang menggunakan helm lengkap dan mengikuti rambu lalu lintas dengan baik saat melintas di perlintasan sebidang,” tambahnya.  

Wisnu Pramudyo menerangkan, kegiatan ini merupakan salah satu langkah konkret kolaborasi KAI dan Korlantas Polri dalam upaya meningkatkan Keselamatan Berlalulintas di perlintasan sebidang, serta mengajak seluruh pengguna jalan untuk mentaati rambu lalu lintas dan berperan aktif dalam menjaga keselamatan bersama di area perlintasan sebidang.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya disiplin berlalu lintas di perlintasan sebidang kereta api, karena keselamatan merupakan tanggung jawab bersama,” ungkap Wisnu Pramudyo.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network