Program Pemberdayaan Desa Binaan Unitomo Dorong Penguatan Perekonomian Masyarakat Desa

Ali Masduki
Prof Siti Marwiyah memeriksa kualitas jambu biji merah di Desa Sambibulu Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Foto/Dok Tim PDB

Pada budidaya jambu biji merah misalnya, Prof Iyat mencontohkan salah satu masalah yang terus dialami petani. Yaitu masalah penyimpanan yang tidak tepat, sehingga menyebabkan jambu merah cepat membusuk dan kehilangan kualitasnya. Untuk ini, tim Unitomo memberikan pelatihan dan pendampingan Penerapan inovasi teknologi freezer.   

Selain itu, juga ada pelatihan berisi materi dan pendampingan terkait teknik-teknik pengolahan hasil panen jambu biji merah untuk diolah menjadi berbagai macam olahan makanan dan minuman dengan mengembangkan resep dan teknik pengolahannya. 

"Hasil olahan variasi makanan dan minuman yang diberikan meliputi keripik jambu biji merah dan juice jambu biji merah," terangnya.

Prof Iyat bersyukur, tim PDB Unitomo dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh masing-masing mitra sasaran yaitu permasalahan bidang produksi, manajemen dan pemasaran.

Hasil dari program Pemberdayaan Desa Binaan (PDB) ini diantaranya adalah hasil olahan variasi makanan dan minuman keripik jambu biji merah dan juice jambu biji merah, penambahan beberapa permainan edukasi, dan penerapan pupuk organik dan anorganik dengan hasil produksinya meningkat sebesar 50% dan kualitas produk meningkat sebesar 65%.

Kemudian diversifikasi jambu biji merah dan penanaman bawang merah dengan peningkatan keuntungan sebesar 40%, penerapan efisiensi biaya (low cost) meningkat sebesar 35% dan inovasi teknologi freezer.

Program PDB ini memberikan contoh nyata tentang bagaimana kerjasama antara lembaga pendidikan dan masyarakat dapat memicu perkembangan ekonomi dan kesejahteraan lokal. 

Diharapkan melalui upaya ini, Desa Desa Sambibulu akan terus mengalami pertumbuhan dan mengatasi hambatan-hambatan yang mungkin menghalangi kemajuan mereka.

Editor : Ali Masduki

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network