Hadapi Bencana Alam, Langkah Cepat Pemprov Jatim Tangani Dampak Erupsi Gunung Semeru

Rahmat Ilyasan
Langkah Cepat Pemprov Jatim Tangani Dampak Erupsi Gunung Semeru. Foto iNewsSurabaya/ilyas

Bagi warga seperti Abdul Jamil, hunian tetap ini memberikan harapan baru. "Saya sangat senang memiliki rumah yang aman dari aliran lahar. Kini hidup saya lebih tenang," ujarnya dengan penuh syukur. Abdul mengingat masa-masa sulit saat erupsi terjadi, di mana dirinya tertutup debu vulkanik dari kepala hingga kaki.

Namun, tempat tinggal saja tidak cukup. Para penyintas juga memerlukan penghidupan baru. Untuk itu, Pemprov Jatim bersama BPBD memberikan berbagai pelatihan UMKM kepada warga, terutama para ibu rumah tangga. Mereka dilatih membuat produk makanan, minuman, serta kerajinan tangan, yang hasilnya bisa dijual di pasar lokal.

"Kami senang melihat hasil dari pelatihan ini. Dalam waktu singkat, warga mulai bisa memproduksi makanan dan minuman yang dijual di sekitar hunian mereka," ungkap Kepala Desa Sumber Mujur, Yayuk Sri Rahayu.

Dengan berbagai langkah tersebut, Pemprov Jatim menunjukkan komitmennya dalam memberikan penanganan yang cepat dan tepat pasca-bencana, serta berupaya memulihkan kehidupan masyarakat yang terdampak agar dapat bangkit kembali.

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network