KPU Jatim Tetapkan Nomor Urut Pasangan Cagub-Cawagub Jawa Timur 2024

Ali Masduki
Tiga pasangan calon pilgub jatim menunjukkan nomor urut. Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur telah menetapkan paslon cagub-cawagub Jatim pada Pemilihan Serentak Tahun 2024. Nomor urut ditetapkan dalam Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur pada Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Surabaya, pada Senin (23/9/2024).

Dalam rapat pleno terbuka tersebut, dibuka oleh Ketua KPU Jatim yang juga membacakan tata tertib serta mekanisme pengambilan nomor urut untuk kontestasi Pilkada Jatim 2024. “Rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut dinyatakan dibuka dan terbuka untuk umum," ujarnya.

Hasil rapat pleno yaitu, Duet Calon Gubernur (Cagub) - Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim (LUMAN), mendapatkan nomor urut 1. Pasangan ini mendapat dukungan dari PKB. 

Kemudian, pasangan Cagub Khofifah Indar Parawansa dan Cawagub Emil Elestianto Dardak yang mendapatkan dukungan hingga 14 parpol, mendapatkan nomor urut 2.

Cagub Tri Rismaharini (Risma)- Cawagub Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans) mendapatkan nomor urut 3. Duet ini diusulkan gabungan PDIP dan Hanura, serta didukung Partai Ummat.  

Setelah tiga paslon ditetapkan, pada selasa 24 September 2024 dilakukan Deklarasi Kampanye Damai di Tugu Pahlawan Surabaya. Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur tahun 2024 ini merupakan bentuk komitmen untuk menyelenggarakan kampanye yang aman, damai, dan kondusif. 

Momentum tersebut sangat penting untuk memulai kampanye secara sehat, tanpa adanya ujaran kebencian antar pasangan calon maupun antar pendukung.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network