Dukung Hilirisasi, PLN Siap Pasok Listrik Andal untuk Smelter PT Freeport Indonesia di Gresik

Rahmat Ilyasan
PLN Siap Pasok Listrik Andal untuk Smelter PT Freeport Indonesia di Gresik. Foto iNewsSurabaya/ist

Untuk mendukung smelter PTFI, PLN telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBTL) dengan PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), pengelola kawasan JIIPE Gresik. BKMS berperan sebagai perantara PLN dalam mengalirkan listrik ke smelter PTFI. Darmawan merinci bahwa suplai listrik dilakukan dalam empat tahap, dengan kapasitas maksimal mencapai 170 Mega Volt Ampere (MVA).

Tahap pertama dimulai pada September 2023 dengan pasokan 30 MVA, diikuti tahap kedua pada Februari 2024 sebesar 30 MVA. Selanjutnya, PLN akan menambah 50 MVA pada April 2024, dan akhirnya mencapai 60 MVA pada tahap keempat.

Darmawan menambahkan bahwa kecukupan dan keandalan listrik adalah kunci untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya di sektor industri. "Dengan beroperasinya smelter PTFI secara penuh, diharapkan industri-industri turunan lainnya ikut berkembang, menciptakan multiplier effect bagi perekonomian di Jawa Timur," pungkasnya.

Presiden Direktur PTFI, Tony Wenas, juga menekankan bahwa produksi smelter ini merupakan modal besar bagi Indonesia dalam mengembangkan energi baru terbarukan (EBT). 

“Produksi katoda dari smelter ini akan membantu memenuhi kebutuhan bahan baku untuk pengembangan pembangkit energi terbarukan, seperti surya, bayu, dan hidro,” jelas Tony.

Dengan infrastruktur yang canggih dan dukungan energi andal dari PLN, Indonesia semakin siap untuk menjadi pemimpin global dalam hilirisasi dan energi terbarukan.

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network