Inovasi Penelitian dengan Flashcard, Cara Unik Tingkatkan Kreativitas dan Kosakata Siswa SMP

Arif Ardliyanto
Cara Unik Tingkatkan Kreativitas dan Kosakata Siswa SMP dengan flashcard. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Siswa SMP 17 Agustus 1945 (SMPTAG) Surabaya berkesempatan menjadi bagian dari penelitian akademis yang dilakukan oleh Audiyah Musaadah, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas penggunaan flashcard sebagai media pembelajaran untuk membantu siswa menulis teks deskriptif.

Setelah memperoleh izin dari pihak sekolah, penelitian yang bertajuk "The Use of Flashcards in Writing Descriptive Text in Junior High School" ini bertujuan untuk melihat bagaimana flashcard, sebagai alat bantu visual, dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat dan paragraf deskriptif, serta memperkaya kosakata mereka.

Apa Itu Flashcard?
Flashcard merupakan media pembelajaran sederhana namun efektif, berupa kartu yang memuat informasi visual atau kata-kata. Dalam penelitian ini, flashcard berisi gambar hewan digunakan untuk memicu daya pikir kreatif siswa dalam menulis deskripsi.

Audiyah menjelaskan bahwa penggunaan flashcard bertujuan untuk membantu siswa lebih memahami struktur teks deskriptif serta memudahkan mereka dalam membangun kalimat yang jelas dan rinci. 

"Flashcard membantu siswa secara langsung mempraktikkan kosakata baru dan menyusun teks deskriptif dengan lebih baik," ujarnya (26/9/24).

Sebanyak 10 siswa kelas VII SMPTAG Surabaya dipilih sebagai subjek penelitian. Mereka diberikan gambar hewan pada flashcard dan diminta untuk menulis deskripsi berdasarkan gambar tersebut. Aktivitas ini dirancang agar siswa dapat belajar dengan cara yang interaktif dan menyenangkan.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network