Anas Urbaningrum Tunjukkan Karakter Negarawan di Kampus UB Malang

Ali Masduki
Anas Urbaningrum hadir dalam Mimbar Akademis yang diinisiasi Sygma Research and Consoulting bersama FISIP UB mengambil tajuk “Mengawal Demokrasi yang Bersih dan Beradab” di UB Coffee. Foto/FJN

MALANG, iNewsSurabaya.id - Intelektual organik, mantan aktivis Kampus yang juga Ketum PB HMI Periode 1997-1999, Anas Urbaningrum mendorong agar kampus tidak bisu. Tetapi kembali lantang bersuara untuk menyehatkan cara berfikir bangsa.

Hal ini disampaikan Anas Urbaningrum dalam Mimbar Akademis yang diinisiasi Sygma Research and Consoulting bekerja sama dengan Fisip UB mengambil tajuk “Mengawal Demokrasi yang Bersih dan Beradab” di UB Coffee, Kamis (26/9/2024).

Anas menilai, obrolan ala kampus sekarang agak terdesak dengan obrolan-obrolan Non kampus yang lupa dengan substansinya. Padahal penting sebetulnya menjaga perbincangan publik yang sehat dan substantif.

Dimana suasana seperti itu sehatnya kalau datang dari lingkungan kampus. Karena kampus itu harus nyambung dengan dinamika kehidupan sosial, kehidupan politik.

“Jadi kalau narasi besar di kampus bisa nyambung dengan baik dan mempengaruhi dinamika pemikiran bangsa. Itu yang akan menyehatkan cara berfikir bangsa kita juga,” ujarnya.

Dalam Mimbar Akademis itu juga menampilkan Wakil Dekan II Fisip UB, Achmad Imron Rozuli dimoderatori Staf Pengajar Fakultas Perikanan UB Citra.

Audience yang hadir mahasiswa di seluruh fakultas UB, civitas akademi UB, mahasiswa sejumlah kampus di Malang Raya, aktivis Cipayung, kader-kader HMI dari beberapa cabang di seputar Malang Raya.

Pada Kamis pagi (26/09/2024) Anas Urbaningrum sempat sarapan bersama di Guest House UB dengan sejumlah Civitas akademi UB dalam suasana keakraban penuh romantisme.

Secara jernih Anas Urbaningrum menyinggung tentang peran pentingnya dunia perguruan tinggi dan kampus agar selalu terjaga dan mengawal demokrasi.

"Kampus harus terlibat aktif mengawal Demokrasi dengan frase 
Pencerahan Demos dan Pengawasan Kratos," kata Alumnus Fisip Unair itu.

Lebih jauh AU, panggilan akrab Anas Urbaningrum, menyatakan bahwa kunci nya Kampus adalah pihak yang tidak boleh tidur.

"Kampus saat ini tertidur dan sedang ditidurkan. Kampus tidak boleh agak lama tidur dan ditidurkan. Kampus sudah tidak boleh lagi terlalu percaya memberikan blank check bagi para pemimpin," tegas AU.

Secara jernih AU menegaskan bahwa mahasiswa mesti banyak minum pil anti cuek.

"Dengan minum pil anti cuek bagi kalangan mahasiswa akan membuatnya care (peduli) dengan lingkungan sekitar termasuk urusan politik dan demokrasi. Karena kalangan mahasiswa adalah kaum cendikia calon pemimimpin bangsa masa depan sehingga tidak boleh cuek dengsn kondisi yang ada," terangnya.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network