Hadiri Wisuda XXI Unisla, Emil Dardak Ajak Lulusan Jadi Generasi Unggul

Lukman Hakim
Emil Dardak Ajak Lulusan Unisla Jadi Generasi Unggul. Foto iNewsSurabaya/lukman

LAMONGAN, iNewsSurabaya.id - Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Jawa Timur (Jatim) sekaligus Wakil Gubernur Jatim periode 2019-2024, Emil Elestianto Dardak menghadiri Wisuda XXI Universitas Islam Lamongan (Unisla), pada Sabtu (28/9/2024).

Dalam pidatonya, Emil mengajak para lulusan untuk terus adaptif dan relevan dalam menghadapi perubahan zaman, terutama di era kecerdasan buatan (AI). Para lulusan ini berasal dari berbagai bidang ilmu dan masih akan produktif bekerja hingga lebih dari 40 tahun ke depan. 

“Kita tidak bisa memprediksi seperti apa masa depan, namun apapun bidang ilmu yang kita tekuni, kita harus punya fleksibilitas, adaptif, dan mampu mengembangkan diri,” ujar Emil di hadapan para wisudawan.

Emil menekankan pentingnya penguasaan kompetensi yang lebih dari ini sekedar ilmu yang tertulis di ijazah formal. Menurutnya, dunia kerja masa depan akan semakin bergantung pada kemampuan berpikir kritis, nalar, analisis, dan komunikasi, yang tidak bisa tumbuh instan tanpa pengembangan terus-menerus.

“Kecuali untuk bidang ilmu yang sangat spesifik seperti hakim, dokter, atau jaksa, banyak bidang pekerjaan yang membutuhkan kemampuan berpikir kritis, nalar, dan komunikasi. Semua ini harus dikembangkan dalam keseharian kita,” jelas Emil.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network