Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia Sebut, Emil Turut Sumbang Elektoral Khofifah

Lukman Hakim
Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terkait Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) 2024. Foto iNewsSurabaya/lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terkait Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) 2024. Hasilnya pasangan petahana, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak unggul dengan angka 61,3%.

Direktur Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyebut, ada sejumlah faktor mulai dari kepuasan publik hingga sumbangan elektoral dari pendukung Emil Elestianto Dardak. Dalam simulasi 6 nama cagub Jatim, elektabilitas Khofifah di angka 52,0%. Disusul Tri Rismaharini di angka 22,8%. 

Kemudian Emil Dardak di angka 7,2%. Lalu ada nama Lukmanul Khakim di angka 1,3%, Luluk Nur Hamidah 1,0%, Gus Hans 0,7%. “Ketika simulasi dikerucutkan 3 nama, elektoral Khofifah menguat di angka 60,9%, Risma 26,9%, dan Luluk Nur Hamidah di angka 1,8%,” katanya, Selasa (1/10/2024).

Burhanuddin menyebut Emil menjadi cawagub dengan sumbangsih elektoral terbesar ke Cagub Jatim 2024. Alhasil, dalam simulasi berpasangan, Khofifah-Emil menembus angka 61,2%. “Dia (Emil) punya kontribusi, jadi bukan hanya kekuatan elektoral personal Khofifah yang sementara ini mengungguli nama-nama lain, tapi wakilnya yakni Emil punya kontribusi yang lumayan. Nama lain belum cukup kontribusi," bebernya.

Burhanuddin juga menyebut tingginya elektoral Khofifah-Emil juga dipengaruhi oleh responden yang menyatakan sudah ada bukti nyata hasil kerja dari Khofifah-Emil di Jatim. “Selain itu, Khofifah-Emil dinilai berpengalaman di pemerintahan, perhatian ke rakyat, dan bersih dari praktik Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN),” tandasnya.

Dalam survei Indikator Politik simulasi 3 paslon elektabilitas Khofifah-Emil di angka 61,2%. Kemudian disusul Tri Rismaharini-KH Zahrul Azhar Asumta 26%. Kemudian Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim 2,2%. Sementara ada 0,5% responden memilih golput, dan 10,2% responden tidak menjawab.

Survei Indikator Politik dilakukan pada 9-14 September 2024 dengan jumlah responden sebanyak 1.000 orang warga Jatim.  Survei ini memiliki margin of error di angka 3,2% dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%. 

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network