Bangun Museum Wisata Budaya dan Sejarah, Firhando Tanamkan Rasa Bangga Generasi Muda Kota Batu

lukman
Firhando akan Bangun Museum Wisata Budaya dan Sejarah di Kota Batu. Foto iNewsSurabaya/ist

Yang pasti, Mukhlis meyakini jika Kota Batu sudah memiliki etalase dengan kurasi luar biasa akan menjadi daya tarik tersendiri. Selain untuk bahan edukasi masyarakat Kota Batu khususnya bagi generasi muda agar lebih bangga dan mencintai Kota Batu.

“Selain itu juga menjadi daya tarik bagi wisatawan, baik lokal maupun asing,” tutur pria yang pernah melakukan ekspedisi budaya Indonesia di seluruh pelosok Tanah Air itu. 

Soal pembangunan museum tersebut, Calon Walikota Firhando memiliki sejumlah skema pembiayaannya. “Kita harus mengkalkulasi apakah memang kita bisa berdiri sendiri pendanaan dari APBD, atau kita tidak menutup kemungkinan terdapat CSR-CSR yang nantinya akan mensupport terhadap realisasi museum ini,” paparnya. 

Mukhlis memastikan, untuk mewujudkan museum ini tidak bisa dilakukan sendiri. Maka itu, mereka akan berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait. Sebab, museum ini adalah aset yang sangat penting. “Dimana di dalam warisan kebudayaan itu mengandung kekayaan yang berkaitan dengan pengetahuan dan teknologi yang dulu ada di Batu,” tutur jebolan Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Ia mencontohkan, situs Watu Dakon di Bumiaji yang diyakini berhubungan dengan bidang pertanian terkait dengan Pranoto Mongso, sistem penanggalan atau kalender yang dikaitkan dengan aktivitas bercocok tanam. 

“Masih banyak lagi peninggalan-peninggalan yang terpendam. Artinya ini butuh riset, kolaborasi riset dengan para akademisi maupun pegiat masyarakat setempat yang lebih lama tinggal di lokasi-lokasi itu untuk mengumpulkan peninggalan-peninggalan tersebut,” jelas Mukhlis. 

Terkait peninggalan-peninggalan Kota Batu yang terserak di Indonesia maupun luar negeri, pihaknya akan melakukan komunikasi lebih intens dengan pihak-pihak berwenang. 

Misal salah satu contohnya beberapa waktu lalu Kementerian Kebudayaan berupaya mengembalikan asset-aset sejarah Kota Batu yang ada di Inggris atau Belanda, dan itu terelaisasi.  “Termasuk salah satu contoh prasasti yang bernama Sangguran, yang saat ini ada di Skotlandia,” ujarnya.

“Tempo hari Pj Wali Kota Batu dan Gubernur Jatim sempat berkunjung ke sana dan sempat melihat langsung prasasti itu. Dan sampai saat ini masyarakat Kota Batu mendengung-dengungkan dan meminta untuk dikembalikan ke kota ini,” pungkas Mukhlis. 

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network