Pj Gubernur Adhy Minta Duta Wisata Jatim Gencar Promosikan Wisata Lewat Medsos

Lukman Hakim
Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono meminta duta wisata Jatim lebih gencar mempromosikan destinasi wisata dengan memanfaatkan platform digital berupa media sosial (medsos). Foto iNewsSurabaya/lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Promosi destinasi wisata di Jawa Timur mulai digencarkan. Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur (Jatim) Adhy Karyono meminta duta wisata Jatim lebih gencar mempromosikan destinasi wisata dengan memanfaatkan platform digital berupa media sosial (medsos).

Pesan itu disampaikan Adhy dalam gelaran malam Grand Final Raka Raki Jatim 2024 di Graha Unesa Surabaya, Sabtu (5/10/2024) malam. Dalam gelaran ini, Raka Fiki Andriansah dari Kabupaten Ponorogo dan Raki Aurellia Rizka Paramita dari Kabupaten Banyuwangi terpilih menjadi pemenang.

Adhy menyampaikan pentingnya memanfaatkan platform digital dalam promosi lantaran potensi wisata di Jatim sangat besar. Tercatat, ada sekitar 1.391 destinasi wisata dan 630 desa wisata.

“Kami berpesan, nanti siapapun yang terpilih dapat mempromosikan destinasi yang ada ini melalui kanal digital. Sehingga seluruh dunia tahu keindahan dan keberagaman budaya di Jatim," ujarnya. 

Dengan adanya promosi yang masif tersebut, lanjut Adhy, dapat berdampak pada naiknya kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bumi Majapahit.

Jumlah wisman yang berkunjung ke Jatim sejak Januari hingga Agustus 2024 mengalami kenaikan sebesar 77,3 persen atau sebanyak 222.078 jika dibandingkan dengan tahun 2023 yakni sebesar 125.236 wisman.

"Dengan naiknya kunjungan wisatawan maka akan berdampak bagi peningkatan ekonomi masyarakat," tambah Adhy.

Salah satu strategi dalam menarik wisatawan, kata Adhy, adalah dengan mengadakan event-event kebudayaan. Tercatat, sebanyak 810 event budaya yang telah dilaksanakan di Jatim sepanjang tahun 2023. Dan tahun 2024, hingga bulan September tercatat 876 event budaya dan pariwisata. 

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network