Perhutani dan Polisi Berhasil Amankan Dua Mobil Pick Up Kayu Ilegal di Banyuwangi, Ini Modusnya

Siswanto
Perhutani dan Polisi Berhasil Amankan Dua Mobil Pick Up Kayu Ilegal di Banyuwangi. Foto iNewsSurabaya/siswanto

Uniknya, setelah penangkapan, kedua pelaku justru datang kembali dengan membawa surat keterangan pembelian kayu dari Desa Kebondalem dan nota angkutan dari Desa Seneposari. Namun, setelah diperiksa lebih lanjut, kedua dokumen tersebut diduga hasil manipulasi.

"Pengakuan pelaku di hadapan penyidik menyebutkan bahwa mereka membeli kayu dari seseorang berinisial SW di Desa Kebondalem sebanyak 30 batang seharga Rp 17 juta. Nota angkutan yang mereka bawa ternyata dipalsukan untuk mengelabui petugas," ungkap AKP Sutarkam.

Saat ini, kedua pelaku telah ditahan di Mapolsek Bangorejo dan kasusnya masih dikembangkan. "Kami terus mengusut kasus ini hingga tuntas. Penangkapan ini diharapkan bisa memberikan efek jera bagi pelaku illegal logging lainnya," tegas Sutarkam.

Ia juga menambahkan bahwa kerja sama dari masyarakat sangat dibutuhkan untuk melaporkan aktivitas mencurigakan di sekitar hutan. "Perlindungan terhadap hutan dan sumber daya alam kita adalah tanggung jawab bersama. Kami akan terus memerangi praktik ilegal seperti ini untuk melindungi kelestarian lingkungan," tutupnya.

Dengan semakin maraknya kasus penebangan liar, pihak berwenang mengimbau masyarakat untuk turut serta menjaga kekayaan alam yang ada di wilayah mereka, demi keberlangsungan hidup generasi mendatang.

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network