Renville Antonio Raih Gelar Doktor Unair, Teliti Peran Parpol Pengembangan Profesionalitas DPR RI

Lukman Hakim
Renville Antonio Raih Gelar Doktor Di Unair. Foto iNewsSurabaya/lukman

Dalam disertasinya, Renville berharap agar anggota DPR RI  meningkatkan keterampilan dan keahlian agar semakin berperan dalam menjalankan fungsinya sebagai legislatif dan memperjuangkan aspirasi masyarakat.

"Sebagai wakil rakyat, anggota DPR RI perlu memiliki keterampilan yang relevan karena tanggung jawab kedewanan yang tidak ringan. Peran partai politik dalam menyediakan tenaga ahli berkualitas menjadi kunci dalam meningkatkan profesionalisme anggota DPR RI melalui pelatihan dan seminar," jelasnya.

Renville juga mendorong adanya pembenahan keuangan partai politik juga menjadi prioritas utama, dimulai dari hulu, dengan harapan akan memberikan dampak positif ke sektor hilir. 

Selain itu, peningkatan kualitas dalam proses rekrutmen kader harus dijalankan oleh partai politik, untuk memastikan pencalonan didasarkan pada sistem dan bukan pada elit.

"Perlu adanya jenjang kaderisasi yang terdefinisi dengan baik, sehingga anggota partai memiliki ikatan ideologis yang kuat terhadap partai dan konstituennya," tambahnya.

Renville Antonio berhasil memaparkan disertasinya secara mendalam dan komprehensif, Renville juga meraih banyak pujian dari ketua tim sidang, yakni Direktur Pascasarjana Unair, Prof. Badri Munir Sukoco, Ph.D., dengan promotor Prof, Dr. Subagyo Adam, Drs.M.S dan co promotor Prof, Dr. Suparto Wijoyo, S.H. M.Hum, dan Prof. Dr. Fendy Suhariadi, M.T. 

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network