LKNU PCNU Jombang Halaqoh Kesehatan, Santri Jadi Garda Depan Pencegahan Penyakit Menular

Zainul Arifin
Santri Jadi Garda Depan Pencegahan Penyakit Menular. Foto iNewsSurabaya/zainul

Berdasarkan pantauan, ada tiga topik utama yang relevan dengan kondisi kesehatan pesantren dan masyarakat. Pertama, pengendalian dan Pencegahan Penyakit AIDS, TBC, dan Malaria. Ancaman tiga penyakit menular itu masih menjadi tantangan kesehatan masyarakat di Indonesia.

Para peserta diberikan pemahaman mengenai pentingnya pencegahan dan deteksi dini untuk mengurangi risiko penyebaran penyakit tersebut di kalangan santri dan masyarakat luas.

Kemudian, sosialisasi rambu-rambu pesantren sehat dan bank sampah. Pembahasan itu menekankan pentingnya penerapan standar kesehatan di pesantren. Rambu-rambu pesantren sehat dihadirkan sebagai panduan dalam menjaga lingkungan yang bersih dan sehat di pondok pesantren.

Selain itu, konsep bank sampah juga diperkenalkan sebagai salah satu solusi pengelolaan sampah berbasis lingkungan di pesantren, yang tidak hanya mendukung kebersihan tetapi juga berpotensi memberikan nilai ekonomi.

Berikutnya sosialisasi sanitasi dan kebersihan sanitasi dan kebersihan di lingkungan pesantren juga menjadi isu krusial yang diangkat dalam halaqoh tersebut.

Para peserta mendapatkan informasi mengenai pentingnya akses air bersih, kebersihan toilet, dan pengelolaan sanitasi yang baik untuk mencegah berbagai penyakit yang dapat disebabkan oleh lingkungan yang tidak higienis.

Menurut dr. Iim Rokhimah, sapaan akrabnya, halaqoh itu juga merupakan bagian dari edukasi yang berkesinambungan dalam menjaga kesehatan para santri dan menciptakan pesantren yang sehat.

“Santri harus menjadi pionir dalam menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga, dan lingkungan pesantren. Dengan itu, kita semua akan berkontribusi untuk menciptakan Indonesia yang lebih sehat dan kuat di masa depan,” ujarnya 

Selain sosialisasi, para peserta juga diajak untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman mengenai implementasi kesehatan di lingkungan pesantren masing-masing.

“Halaqoh Kesehatan ini diharapkan mampu menjadi langkah awal menuju peningkatan standar kesehatan di pesantren-pesantren, yang sejalan dengan visi besar mewujudkan Indonesia Emas 2045 dengan generasi yang sehat, berdaya saing, dan berakhlak mulia,” tandas perempuan berjilbab ini.

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network