JAKARTA, iNewsSurabaya.id - PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) Nonpetikemas kembali meraih penghargaan peringkat Perak dalam ajang Penganugerahan SNI Award 2024 kategori Organisasi Menengah dan Besar Jasa. Ini merupakan kali keempat PTP Nonpetikemas menerima penghargaan bergengsi ini, yang diselenggarakan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC).
SNI Award merupakan penghargaan tertinggi di tingkat nasional bagi organisasi yang secara konsisten menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) dengan kinerja unggul dan berkelanjutan. Penghargaan ini diberikan dalam rangkaian acara Bulan Mutu Nasional, yang tahun ini mengangkat tema “Standardisasi untuk Transformasi Ekonomi yang Berkelanjutan”. Acara tersebut dihadiri oleh 251 organisasi.
Ketua BSN, Kukuh S. Achmad, menegaskan bahwa SNI berperan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. "Penerapan SNI tidak hanya meningkatkan efisiensi dan kualitas produk, tetapi juga memperkuat posisi pelaku usaha di pasar internasional," tegas Kukuh.
PTP Nonpetikemas berhasil meraih penghargaan peringkat Perak dalam kategori Organisasi Menengah Besar Jasa berdasarkan penilaian yang meliputi kepemimpinan, strategi, pelanggan, manajemen sumber daya, operasional layanan, pengukuran, analisis, dan peningkatan kinerja, serta hasil-hasil kinerja perusahaan.
Penghargaan ini menjadi bukti nyata komitmen PTP Nonpetikemas untuk selalu menerapkan SNI dalam memberikan pelayanan jasa yang berkualitas, melindungi pelanggan, meningkatkan daya saing usaha, dan mendukung program Pemerintah Indonesia.
PTP Nonpetikemas juga telah mematuhi standardisasi sistem manajemen SNI/ISO Series pada proses bisnisnya, mulai dari lini produksi jasa, pelayanan jasa hingga Pemasaran. Hal ini membantu perusahaan untuk terus meningkatkan reputasi positif, mempermudah approval produk dan layanan, meningkatkan kepercayaan konsumen, memperluas akses pasar, dan meningkatkan kepercayaan stakeholders dalam hal sinergi dan partnership.
“Melalui pencapaian anugrah SNI Award, PTP Nonpetikemas yakin dapat meraih kemajuan yang berkelanjutan di masa depan. Melalui pencapaian SNI award, PTP Nonpetikemas ingin membuktikan komitmen sebagai terminal operator nonpetikemas yang memenuhi standar nasional yang juga sejalan dengan harapan pengguna jasa serta stakeholder terkait," terang Indra Hidayat Sani, Direktur Utama PTP Nonpetikemas.
PTP Nonpetikemas sebagai bagian dari penggerak perekonomian nasional berkomitmen untuk terus memenuhi standardisasi dalam segala aspek operasional bisnis seperti pelaksanaan manajemen risiko dan pengendalian Perusahaan dengan selalu menjaga mutu pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa kepelabuhanan.
PTP Nonpetikemas telah menjalankan ISO 9001:2015, ISO 9001:2015, ISO 45001:2018, dan ISPS Code (International Ship and Port Facility Security Code) sebagai bentuk pemenuhan Standar Nasional Indonesia.
Sejak tahun 2021, PTP Nonpetikemas berhasil memperoleh penghargaan dalam penganugerahan ini dalam peringkat yang sama yaitu Perak. Hal ini menjadi bukti konsistensi perusahaan dalam menjaga mutu dan mematuhi standar prosedur operasi yang telah ditetapkan serta aturan yang berlaku di perusahaan.
SM Sekretaris Perusahaan Fiona Sari Utami mengatakan, konsistensi PTP Nonpetikemas dalam mempertahankan perolehan penghargaan SNI Award dalam empat tahun berturut peringkat Perak merupakan bukti nyata bahwa Perusahaan telah menerapkan SNI/ ISO dan menunjukkan pencapaian kinerja tinggi, kemampuan mengelola perubahan dan melakukan transformasi untuk keberlanjutan organisasi
Editor : Ali Masduki
Artikel Terkait