Luhut Bicara Transformasi Ekonomi Indonesia Pasca Pandemi Covid-19

Ali Masduki
Luhut Binsar Pandjaitan berbicara tentang transformasi ekonomi Indonesia pasca pandemi Covid-19, dalam Leaders Talk Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga. (Foto: Pool)

Tantangan Perubahan Iklim

Luhut mengatakan bahwa sumber energi Indonesia harus perlahan transisi dari fossil-based fuel. Oleh karena itu, segala potensi energi terbarukan di Indonesia harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. 

Luhut menyinggung bahwa Indonesia memiliki potensi energi terbarukan di sektor energi surya, panas bumi, air, hingga angin. 
Untuk itu, Indonesia menyematkan komitmen ambisius yakni mencapai carbon net zero per 2060 atau lebih cepat.

“Kita juga dianugerahi hutan dan mangrove yang besar dan mampu untuk menyimpan jumlah karbon yang banyak. Sektor itu dapat dimanfaatkan untuk penyimpanan yang berguna untuk perdagangan karbon,” katanya.

Reparasi Kualitas SDM

Cetak biru transformasi ekonomi pasca pandemi itu menurut Luhut hanya dapat direalisasikan dengan kualitas SDM yang berkualitas. 

Menurutnya, Indonesia memiliki banyak sekali potensi di human capital, namun kualitas pendidikan yang kurang dibenahi menjadi faktor penghambat. 

Oleh karena itu, Indonesia menggelontorkan banyak sekali beasiswa dan kerjasama pendidikan tinggi Indonesia dengan luar negeri, terutama di bidang sains, agar kualitas SDM dapat teramplifikasi.
 

Editor : Ali Masduki

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network