Bangun Mega Proyek Kereta SRRL Surabaya–Sidoarjo, Kemenhub Pakai Dana Pinjaman Jerman Rp4,42 T

Arif Ardliyanto
Proyek Kereta SRRL Surabaya–Sidoarjo Tembus Rp4,42 Triliun, dana diperoleh dari pinjaman Jerman untuk Pembangunan rel kereta api. Foto iNewsSurabaya/tangkap layar

Dengan skema pembiayaan ini, proyek SRRL juga termasuk dalam kategori infrastruktur hijau, karena didesain untuk mengurangi polusi, meningkatkan efisiensi transportasi, dan mendukung pembangunan berkelanjutan.

Setelah rampung dan beroperasi penuh, jalur ini diproyeksikan akan melayani lebih dari 200.000 penumpang setiap hari. Tak hanya itu, proyek ini juga memiliki dampak lingkungan yang signifikan, dengan potensi pengurangan emisi karbon mencapai 150.000 ton per tahun pada 2045.

Lebih dari sekadar proyek transportasi, SRRL juga diharapkan menjadi motor pembangunan inklusif. Manfaat lain yang ditargetkan antara lain: Peningkatan aksesibilitas wilayah Surabaya Raya, Penciptaan ribuan lapangan kerja baru selama masa pembangunan, Transfer pengetahuan internasional dalam sektor transportasi urban, dan Peningkatan efisiensi mobilitas publik

Pembangunan rel ganda ini menjadi bagian dari strategi jangka panjang untuk menjadikan wilayah Surabaya Raya sebagai pusat mobilitas perkotaan berbasis transportasi massal yang modern dan ramah lingkungan. Kemenhub juga menargetkan pembangunan infrastruktur serupa di wilayah metropolitan lain di Indonesia.

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network