Orang Tua, Kenali Apa itu Overparenting dan Ciri-Cirinya!

Ali Masduki
Orang tua kadang banyak melakukan pengawasan dan pembatasan akan hal-hal yang ingin dicoba oleh anak. (Foto: Ali Masduki)

Ciri-Ciri Overparenting yang Harus Dikenali 

Naura menyebutkan bahwa terdapat 5 ciri yang patut dikenali dengan baik oleh para orang tua mengenai overparenting, antara lain:

1. Pengawasan Anak Berlebihan 

Dalam ciri pertama, orang tua yang mulai memasuki zona overparenting akan terus-menerus mengawasi anak agar anak tidak terluka atau merasakan ketidaknyamanan. 

“Hal ini dikarenakan orang tua merasa cemas yang berkelanjutan dan merasa tidak tenang apabila anak diharuskan untuk melakukan sesuatu secara mandiri,” ucap Pendidik yang merupakan Program Leader Rumah Main Cikal Bandung tingkat kakak-kakak bagi anak usia dini usia 2-3 tahun. 

2. Pengambilan Keputusan Dilakukan Sepihak oleh Orang Tua

Dalam hal ini, orang tua seringkali berupaya memastikan anak tidak mengambil keputusan yang salah dengan cara mengambil keputusan untuk anak secara sepihak. Di kondisi ini, orang tua akan memiliki asumsi, tahu segalanya, dan tahu pilihan terbaik bagi anak. 

“Orang tua cenderung berasumsi bahwa dirinya mengetahui pilihan apa yang terbaik bagi anak, sehingga tidak memberikan kesempatan bagi anak untuk melakukan eksplorasi dan/atau mengambil keputusan secara mandiri.” jelasnya. 

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network