get app
inews
Aa Text
Read Next : Perkembangan Bisnis Internet Mengejutkan! Akses Lebih Cepat, ISP Bidik Segmen Ritel

Penggunaan Internet Indonesia Naik, Ini Peringkat Menurut APJII

Rabu, 15 Juni 2022 | 13:12 WIB
header img
 Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) merilis laporan survei terbaru soal profil internet di Indonesia periode 2021 hingga awal 2022.

SURABAYA, iNews.id - Pengguna internat di Indonesia mengalami kenaikan. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) merilis laporan survei terbaru soal profil internet di Indonesia periode 2021 hingga awal 2022.

Ada banyak fakta menarik yang ditemukan, salah satunya aplikasi yang paling banyak digunakan orang Indonesia.Berdasarkan riset APJII, warga Indonesia sangat senang mengirim pesan secara online dan menjelajahi dunia maya. Hal ini terbukti dari surveinya yang menunjukkan aplikasi chatting dan browsing menjadi aplikasi terfavorit ketika mengakses internet.

Studi APJII melibatkan 7.568 tersebar di seluruh provinsi Indonesia, dengan pembagian 2.468 pria dan 4.099 wanita. Berdasarkan kelompok usia, responden dibagi menjadi usia 13-18 tahun (905 responden), 19-24 tahun (3.012 responden), 35-54 tahun (3.009 responden) dan 55 tahun ke atas (641 responden).

Riset tersebut turut menyurvei aplikasi mana saja yang sering dibuka oleh pengguna internet di Indonesia. Survei mengelompokkan aplikasi menjadi sembilan kategori berbeda, dan mencatat dua aplikasi yang paling popular dari kategori tersebut.

Daftar aplikasi terfavorit orang Indonesia ketika mengakses internet. Aplikasi kategori media chat menjadi yang paling tertinggi dalam survei APJII. WhatsApp digunakan hampir semua responden —sebesar 98,07 persen, diikuti Facebook Messenger sebesar 47,12 persen.

Berikutnya ada kategori aplikasi browsing. Dua aplikasi terfavorit jatuh pada Google Chrome (76,95 persen) dan UC Browser (4,95 persen). Kategori selanjutnya ada meeting platform. WhatsApp masih menduduki peringkat pertama dengan digunakan 69,55 persen pengguna. Peringkat kedua ditempati Zoom.

Kemudian media sosial, dengan Facebook menguasai mayoritas pangsa pasar dengan digunakan oleh 68,36 persen pengguna. Peringkat kedua dengan persentase tidak jauh berbeda adalah YouTube dengan total 63,02 persen responden. Kemudian aplikasi kategori e-commerce atau toko online, dengan Shopee sebesar 55,08 persen dan diikuti Lazada dengan 33,79 persen. Untuk transportasi online, Gojek menduduki peringkat pertama dengan 40,65 persen, diikuti Grab sebesar 36,32 persen.

Ada kejutan terkait aplikasi musik. Orang Indonesia justru lebih senang memakai YouTube Music untuk mendengarkan lagu dengan persentase 38,51 persen, diikuti Google Play Music sebesar 20,94 persen.

Sementara Gopay, lewat aplikasi Gojek, menjadi layanan e-wallet tertinggi dalam survei APJII dengan 20,68 persen, diikuti ShopeePay sebesar 16,61 persen. Kemudian Netflix banyak digunakan warga Indonesia untuk kebutuhan TV berbasis internet dengan 11,10 persen, disusul WeTV sebesar 7,84 persen.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut