get app
inews
Aa Read Next : Pelabuhan Tanjung Perak Sukses Layani Dua Ratus Ribu Pemudik Pada Arus Balik Lebaran 2024

Identitas Tunggal Truk dan SIMON TBKM Resmi Diterapkan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:27 WIB
header img
Peluncuran sistem STID dan SIMON TKBM di Gedung Terminal Gapura Surya Nusantara (Selasa (28/6/22). (Foto: Ali Masduki)


SURABAYA, iNews.id – Go Live Implementasi Sistem Layanan Single Truck Identification Data (STID) dan Sistem Monitoring Tenaga Kerja Bongkar Muat (SIMON TBKM) resmi diterapkan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Dua aksi pemangkasan birokrasi dan peningkatan layanan di kawasan pelabuhan dari 12 aksi stranas PK atau yang sering disebut sebagai Aksi Pelabuhan tersebut diluncurkan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero) bersama dengan kantor Otoritas Pelabuhan menyelenggarakan, di Gedung Terminal Gapura Surya Nusantara (Selasa (28/6/22). 

Penerapan aksi Pelabuhan ini berdasarkan pada Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional dan Keputusan Bersama Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan Kepala Staff Kepresidenan tentang Aksi Pencegahan Korupsi Tahun 2021-2022. 

Sistem STID dan SIMON TKBM juga telah dilaksanakan di beberapa pelabuhan diantaranya Pelabuhan Tanjung Priok dan Tanjung Emas sebagai tindak lanjut rekomendasi dari tim Stranas PK (Strategi Nasional Pencegahan Korupsi). 

“Adapun persiapan implementasi STID dan SIMON TKBM di Pelabuhan Tanjung Perak ini telah kami lakukan. Mulai berkoordinasi dengan Pihak Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak sampai dengan melakukan pemasangan perangkat dan jaringan STID & SIMON TKBM di PPSA, Terminal Petikemas Surabaya dan Terminal Multipurpose Teluk Lamong,” kata CEO Pelindo Sub Regional Jawa, Onny Djayus, Selasa (28/6/2022). 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut