get app
inews
Aa Read Next : Kupas Tuntas Keamanan Jaringan di Webinar Sistekin Untag Surabaya-Universiti Malaysia, Seru!

Ingat KKN Desa Penari, Untag Surabaya Gelar KKN Desa Papungan, Apa Pogram yang Ditawarkan

Senin, 25 Juli 2022 | 21:36 WIB
header img
Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya tak mau kalah, kampus Merah-Putih menggelar KKN di Desa Papungan, Blitar.(Foto : ist)

BLITAR, iNews.id – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Penari memang tenar, bahkan diukir menjadi film yang cukup diminati masyarakat. Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya tak mau kalah, kampus Merah-Putih menggelar KKN di Desa Papungan, Blitar.

KKN ini berbeda, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilaksanakan secara Tematik Reguler semester genap periode 2021/2022yang mengusung tema ‘Pendampingan dan Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengembangan Potensi Lokal’ yang serentak dilakukan di empat desa Jawa Timur yakni Desa Plunturan Ponorogo, Desa Sendangduwur Lamongan, Desa Minggirsari Blitar, dan salah satunya adalah di Desa Papungan, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar.

Berbeda dengan dua tahun sebelumnya KKN yang dilakukan secara mandiri atau individu di tempat masing-masing, kini dilakukan kembali KKN secara berkelompok. Terdapat 1 kelompok yang terdiri dari 24 Mahasiswa FISIP, 1 Mahasiswa Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 6 Mahasiswa Fakultas Teknik dengan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) – Dr. Jaka Purnama ST., MT.

Turut hadir secara langsung Wakil Rektor I – Harjo Seputro, S.T., M.T. melakukan serah terima Mahasiswa KKN kepada Kepala Desa Papungan Blitar – Qudlori. “Memang baru pertama kali dilakukan KKN di Desa Papungan, semoga sama seperti desa-desa lain yang pernah kita tempati dan berujung berkesan, ada yang bilang KKN Untag Surabaya selalu dirindukan kehadirannya. Saya berharap di desa Papungan juga begitu,” ujarnya. Harjo juga menyampaikan, KKN adalah penerapan pengetahuan yang sudah diperoleh di bangku kuliah dan di aplikasikan langsung ke lapangan. Namun sebelum melakukan di lapangan, mahasiswa wajib untuk lebih dulu melakukan survey dan koordinasi bersama pemerintah desa.

“Saya yakin apa yang akan kita lakukan untuk desa ini, kalian sudah survey dan koordinasi bersama pihak pemerintahan desa,” paparnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut