get app
inews
Aa Read Next : Akhir Tahun, Gunung Marapi Erupsi, Letusan Capai 800 Meter di Atas Puncak, Masyarakat harus Hati-Hat

Sembilan Menit Gunung Raung Banyuwangi Erupsi hingga Semburkan Abu Vulkanik, Warga Diminta Siaga

Kamis, 28 Juli 2022 | 07:46 WIB
header img
Ilustrasi-Gunung Api Raung mengalami erupsi disertai semburan abu vulknanik yang mengarah ke Wilayah Kabupaten Jember dan Bondowoso(tangkap layar)

BANYUWANGI. iNews.id - Gunung Api Raung mengalami erupsi disertai semburan abu vulknanik yang mengarah ke Wilayah Kabupaten Jember dan Bondowoso, Rabu (27/7/2022). Proses erupsi tercatat selama sembilan menit, warga diminta untuk meningkatakan kewaspadaan. 

Kepala Pos Pengawasan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo mengatakan, semburan abu vulkanik mengarah ke barat dan barat laut. Sedangkan Wilayah Banyuwangi, belum ada laporan yang diterima.

"Karena tergantung kondisi cuaca, terutama angin," ujar Mukijo. 

Mukijo menyampaikan, Erupsi Gunung Api Raung berlangsung singkat, hanya sekitar sembilan menit, yakni sejak pukul 17.19 hingga 17.28 WIB.

Meski hanya sembilan menit, Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) PPGA Raung Banyuwangi meminta masyarakat tetap waspada.

"Kami menghimbau terhadap masyarakat dan wisatawan, serta para pendaki Gunung Api Raung, agar tidak turun ke dasar kawah dan mendekati kawah Gunung Raung," pesannya. 

Sebagai informasi, Gunung Api Raung berada di tiga Kabupaten yakni Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Bondowoso. Dari pantauan pos pengamatan gunung api, Gunung Api Raung mengeluarkan abu vulkanik setinggi 1500 meter dari arah puncak kawah. 

Dengan kondisi Gunung Api Raung saat ini, petugas masih menetapkan statusnya berada di level 1 dan dalam satus normal. Hanya saja, masyarakat diminta di titik aman atau di Jarak 2 kilometer dari puncak.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut