get app
inews
Aa Read Next : Gunung Semeru Marah! Erupsi Kedua dalam Sehari Warga Diminta Waspada, Aktivitas Dibatasi

Akhir Tahun, Gunung Marapi Erupsi, Letusan Capai 800 Meter di Atas Puncak, Masyarakat harus Hati-Hat

Senin, 25 Desember 2023 | 09:55 WIB
header img
Gunung Marapi Erupsi dan Letusan Capai 800 Meter di Atas Puncak. Foto iNewsSurabaya/ist

JAKARTA, iNewsSurabaya.id - Pagi ini, Senin (25/12/2023), Gunung Marapi kembali membuat gejolak dengan erupsi yang tercatat pada pukul 06.26 WIB. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat kolom letusan setinggi sekitar 800 meter di atas puncak gunung.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Marapi, Ahmad Rifandi, menyampaikan bahwa erupsi ini terjadi dengan intensitas tinggi, menciptakan kolom letusan yang teramati jelas hingga ketinggian ±800 meter di atas puncak atau ±3691 meter di atas permukaan laut.

"Meski cuaca di sekitar gunung berawan hingga hujan dengan angin lemah ke arah timur laut dan timur, gunung api terlihat hingga tertutup kabut. Asap kawah utama teramati berwarna putih dan kelabu, membentuk kolom tebal setinggi sekitar 750 meter dari puncak," katanya. 

Ahmad Rifandi mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Api Marapi dan pengunjung untuk tidak mendaki gunung dalam radius 3 km dari kawah puncak. Keputusan ini diambil sebagai langkah keamanan mengingat situasi erupsi yang sedang berlangsung.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut