get app
inews
Aa Read Next : Diskusi Dosen Untag Surabaya, Bahas Pencegahan Paham Radikalisme dan Terorisme Masuk Kampus

Irjen Pol Purn Hamli Ungkap Wajah Terorisme dari Zaman ke Zaman

Rabu, 03 Agustus 2022 | 17:53 WIB
header img
Irjen Pol (Purn) Ir Hamli ME saat memaparkan materinya mengenai wawasan kebangsaan kepada para mahasiswa baru di Graha Sepuluh Nopember ITS. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, iNews.id - Mantan Direktur Pencegahan Kedeputian Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) RI Irjen Pol (Purn) Ir Hamli ME mengungkap wajah terorisme di Indonesia dari zaman ke zaman.

Hal itu ia ceritakan saat menjadi pembicara dalam pembekalan mahasiswa baru Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). 

Hamli yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Penanggulangan Ekstremisme dan Terorisme (BPET) Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini mengungkapkan, terorisme sudah hadir di Indonesia sejak zaman Orde Lama hingga Orde Baru. 

Pada masa Orde Lama, terdapat kelompok Negara Islam Indonesia (NII) yang selanjutnya bertransformasi menjadi kelompok jihad pada masa Orde Baru. 

Sementara itu, dalam penangkapan teroris pada masa Orde Baru berbeda dengan era sekarang yang butuh penegakkan hukum, di mana dahulu perlu diterapkan operasi intelijen. 

Hamli mengutip hasil penelitian dari Indonesia Millenial Report 2019, terdapat 19,5 persen milenial menyatakan Indonesia lebih ideal menjadi negara khilafah. 

Hal ini tentu meresahkan dan berpotensi berujung kepada radikalisme. Maka untuk menguatkan nasionalisme, perlu adanya langkah pemahaman terhadap pengenalan potensi ini. 

“Karena biasanya kelompok teroris menganggap nasionalisme itu haram dan bertentangan dengan agama,” tambahnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut