get app
inews
Aa Read Next : Seminar Nasional di Universitas Surabaya, Mengurai Sengketa Tanah untuk Mencari Solusi Bersama

Gandeng Ubaya, Disbudpar Jatim Gelar Festival Penanggungan Pawitra Pradaksinapatha

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 14:17 WIB
header img
Tim Ekspedisi Ubaya membersihkan situs yang terpendam di lereng Penanggungan beberapa waktu lalu. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNews.id – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur (Disbudpar) menggandeng Universitas Surabaya (Ubaya) pada Festival PenanggunganPawitra Pradaksinapatha”. 

Rangkaian kegiatan “Pawitra Pradaksinapatha” meliputi Gelar Budaya Pawitra, Jelajah Jalur Kuno, dan Jelajah Situs Gunung Penanggungan

Kegiatan yang digelar tanggal 13 hingga 15 Agustus 2022 ini hadirkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, (dalam konfirmasi) tanggal 13 Agustus 2022 di Ubaya Training Center, Kampus III Ubaya.

Direktur Integrated Outdoor Campus (IOC) Ubaya Trawas, Prof. Joniarto Parung menyebut kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Disbudpar Jatim dan Ubaya. Acara ini bukan kali pertama, namun pernah digelar di tahun sebelumnya. 

“Kolaborasi yang dilakukan adalah dalam bentuk memfasilitasi pembicara dari Tim Ekspedisi Penanggungan Ubaya. Selain itu, kami juga menyediakan fasilitas-fasilitas lain yang mendukung kegiatan Pawitra for Pragmatic atau Jelajah Jalur Kuno,” jelasnya.

Festival Penanggungan tahun 2022 mengangkat tema “Pawitra Pradaksinapatha“. Pawitra Pradaksinapatha secara etimologi berasal dari kata Pawitra yang berarti Gunung Penanggungan dan Pradaksinapatha yang berarti berjalan melingkar searah jarum jam. 

Sehingga, Pawitra Pradaksinapatha memiliki arti berjalan mengelilingi jalur kuno Gunung Penanggungan searah jarum jam.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut