get app
inews
Aa Read Next : Pimpinan DPW PKS Jatim dan Golkar Bertemu, Bahas Pencalonan Bayu di Pilwali Surabaya

Ketua Golkar Jawa Timur Sarmuji Sebut Keris Bagian dari Sejarah Kepahlawanan

Kamis, 11 November 2021 | 11:01 WIB
header img
Ketua DPD Partai Golkar Jatim Sarmuji saat menghadiri Keris Expo yang berlangsung di Galeri Dewan Kesenian Surabaya (DKS). (Foto / Istimewa).

SURABAYA, iNews.id – Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur (Jatim) menyebut, keris tidak terpisahkan dari kepahlawanan para pejuang bangsa Indonesia dalam usaha meraih dan mempertahankan kemerdekaan.

“Beberapa pahlawan Indonesia selalu memegang keris yang menjadi senjata dalam melawan penjajah. Karena itulah salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah diakui dunia internasional ini wajib dilestarikan,” kata Sarmuji saat memberikan sambutan dalam pembukaan Keris Expo yang berlangsung di Galeri Dewan Kesenian Surabaya (DKS), Kamis (11/11/2021).

Ketua Keluarga Alumni Universitas Jember (KAUJE) menambahkan, keris bukan hanya sekedar peninggalan budaya, tapi juga mengandung nilai kepahlawanan.

“Keris selalu mendampingi pahlawan kita seperti yang terlihat di dalam foto-foto yang ada. Mulai Pangeran Diponegoro, Pangeran Antasari hingga Jenderal Sudirman yang dikenal sebagai pahlawan Kemerdekaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Keris Expo Teffi Gendrayana mengatakan, tujuan digelarnya Keris Expo ini untuk melestarikan budaya sekaligus memperkenalkan keris pada generasi muda.

“Kebetulan dilaksanakan kegiatan ini bertepatan dengan hari Pahlawan. Pahlawan kita tidak lepas dari keris. Keris selalu menjadi salah satu senjata yang digunakan para pahlawan,” katanya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut