get app
inews
Aa Read Next : Siasat Moh Badaruddin, Caleg Perindo Surabaya Galang Suara

Berikut Sosok yang Berpengaruh Dalam Memilih Caleg

Senin, 29 Agustus 2022 | 18:52 WIB
header img
Ilustrasi anggota DPR. (Foto: Sindonews)

SURABAYA, iNews.id - Dari hasil survei yang dilakukan oleh Surabaya Survey Center (SSC) dengan responden masyarakat Jatim, menunjukkan bahwa Politisi, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat merupakan sosok yang berpengaruh dalam memilih Calon Legeslatif (Caleg).

Terkait alasan memilih Caleg, Direktur Riset SSC, Moh. Edy Marzuki mengungkapkan mayoritas responden menunjukkan jika sosok Politisi menjadi faktor utama. 

“Setidaknya ada 30,2 persen responden yang mengungkapkan hal ini. Sementara 16,5 persen memilih untuk Tokoh agama dan 16 persen untuk Tokoh Masyarakat," kata Edy.

Lebih lanjut, Edy mengungkapkan bahwa ada sosok-sosok lainnya yang mengikuti seperti Akademisi ada 6,8 persen, Profesional ada 6,2 persen, Pengusaha 4,5 persen, serta Militer (TNI/Polri) ada 4,2 persen. 
“Sosok lainnya yakni Seniman/Budayawan dan Olahragawan masih di bawah 1 persen, yakni 0,3 persen dan 0,1 persen. Sementara yang menjawab tidak tahu atau tidak memilih ada 14,2 persen," imbuh pria yang juga dosen di Universitas Yudharta Pasuruan ini.

Sebagai informasi, hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 01-10 Agustus 2022 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. 

Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.
 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut