get app
inews
Aa Read Next : AMI Datangi Bawaslu, Klarifikasi Soal Caleg DPRD Surabaya Pakai Ijazah SMP

Tiga Warga Laporkan Adanya Dugaan Money Politics Caleg di Pasuruan ke Bawaslu, Ini Modusnya

Kamis, 29 Februari 2024 | 10:52 WIB
header img
Warga Laporkan Adanya Dugaan Money Politics Caleg di Pasuruan ke Bawaslu. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Tiga warga Kabupaten Pasuruan melaporkan dugaan politik uang atau money politic di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang dilakukan salah satu calon anggota legislatif (caleg) ke Badan Pengawas  Pemilu (Bawaslu) setempat.

Tiga warga itu antara lain, Sutrisno (37) warga Dusun Sungi Wetan, Arifin (46) warga Dusun Raci, dan Mokhamad Sakroni (40) warga Kudu Keras Dusun Genengwaru. Mereka melapor ke Bawaslu Kabupaten Pasuruan dengan didampingi kuasa hukumn Reza Crisurjo Broto. 

Dugaan politik uang tersebut terekam dalam sebuah video. Dalam video  tersebut memperlihatkan tim sukses dari salah satu caleg DPRD Kabupaten Pasuruan membagikan uang agar mencoblos caleg tersebut.

Kuasa hukum pelapor, Reza Crisurjo Broto mengatakan, awalnya, kliennya mengetahui adanya video yang memperlihatkan adanya bagi-bagi uang dan menyuruh untuk memilih untuk ke salah satu caleg. "Dari sana ketiga warga ini menceritakan itu ke kami yang membuat kami langsung membantu mereka untuk melaporkan kejadian tersebut ke Bawaslu Kabupaten Pasuruan," ucap Reza, Rabu (28/2/2024).

Reza mengatakan ketiga warga ini menginginkan adanya pemilu yang bersih tanpa adanya politik uang. "Melihat itu, kami sebagai kuasa hukum menyanyangkan adanya politik uang yang mengarahkan untul memilih salah satu caleg tertentu," bebernya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut