get app
inews
Aa Read Next : TPS Edukasi Ibu Balita Stunting, Sajikan Menu Sehat Untuk Generasi Hebat

Kontainer di TPS Terbakar, Pekerja Semburat

Rabu, 31 Agustus 2022 | 20:41 WIB
header img
Pekerja memadamkan api yang sudah mulai membesar di TPS. Foto: iNewsSurabaya.id/Pool

SURABAYA, iNews.id - Si jago merah melahap habis kontainer di area Lapangan Penumpukan Kontainer Terminal Petikemas Surabaya (TPS), Rabu (31/8/2022).

Peristiwa itu membuat para pekerja di sekitar lokasi kejadian bergegas menyelamatkan diri. Beberapa diantara mereka sigap mengambil APAR (Alat Pemadam Api Ringan) untuk memadamkan api yang sudah mulai membesar.

Shift Manager yang bertugas, dibantu oleh para petugas keamanan, tim P2K3 dan tim Pemadam Kebakaran (Damkar) dengan sigap mengendalikan situasi. 

Dalam waktu singkat, setelah dilakukan koordinasi komperhensif antara internal TPS, tim Damkar TPS dan Pelindo, api berhasil ditaklukkan dengan cepat. 

Kebakaran tersebut merupakan skenario pelaksanaan Drill atau simulasi Penanganan Bahaya Kebakaran yang diselenggarakan oleh Tim P2K3 TPS

Drill ini dilaksanakan untuk mengetahui serta melakukan evaluasi kembali terhadap kesiapan personil dalam menghadapi dan mengatasi bahaya kebakaran yang bisa terjadi sewaktu-waktu di TPS. 

Direktur Utama TPS, Abdul Rofid Fanany menyampaikan, bahwa latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesigapan personel TPS apabila terjadi kebakaran di wilayah kerja TPS. 

"Simulasi ini dilakukan agar semua pihak tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana kordinasinya, sehingga ancaman bahaya kebakaran dapat segera diatasi tanpa menimbulkan korban jiwa, serta meminimalkan kerugian yang timbul. Mengingat TPS merupakan objek vital nasional," terangnya.

Kegiatan drill ini melibatkan tim internal TPS yang meliputi Tim P2K3, Port Security, tim Pemadam Kebakaran TPS dan Pelindo. 

Turut menyaksikan pula dalam pelaksanaan Drill tersebut, para pemangku kepentingan TPS, yakni Kepala Kantor Syahbandar Utama Tanjung Perak dan Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut