get app
inews
Aa Read Next : Teman Satu Angkatan Penglima TNI, Brigjen TNI Endro Satoto Jabat Kasdam V Brawijaya

Ini Pesan Mbak Puan Untuk Panglima TNI dan KSAD

Rabu, 17 November 2021 | 18:19 WIB
header img
Puan Maharani berjalan bersama Jenderal Andika Perkasa. (Foto: iNewsSurabaya/HO)

JAKARTA, iNews.id - Jenderal Andika Perkasa resmi memegang tongkat komando sebagai Panglima TNI. Setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta, pada Rabu (17/11), Andika kini menggantikan posisi Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun pada akhir November 2021.

Dengan dilantiknya Jenderal Andika menjadi Panglima TNI, maka Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) berganti. Jabatan KSAD kini ditempati oleh Letjen Dudung Abdurachman yang kini juga masih menjabat sebagai Pangkostrad.

Sebagaimana diketahui, dilantik Andika sebagai Panglima TNI ini setelah mendapatkan persetujuan dari DPR RI pekan lalu.

Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengucapkan selamat atas pelantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Ia berharap, Jenderal Andika akan membawa TNI semakin maju dan profesional dalam pengabdiannya untuk negara.

“Semoga bisa membawa TNI semakin profesional dan terus dekat dengan rakyat. Tegakkan kedaulatan NKRI, lindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan,” tegas Puan.

“Atas nama pimpinan DPR RI, saya juga mengucapkan selamat atas dipilihnya Letjen Dudung Abdurachman sebagai KSAD dan Mayjen Suharyanto sebagai Kepala BNPB,” lanjut Puan.

Secara khusus, Mbak Puan juga memerikan apresiasi yang tinggi kepada Marsekal Hadi Tjahjanto atas pengabdiannya selama memimpin TNI. Keberhasilan dan prestasi TNI selama ini, kata dia, tidak terlepas dari kinerja Marsekal Hadi.

Cucu Proklamator RI Bung Karno itu juga meminta Letjen Dudung meningkatkan kinerja TNI AD, termasuk dalam menjaga teritori negara.

“Khususnya di wilayah-wilayah perbatasan. Kami harapkan TNI AD terus menjadi garda terdepan pertahanan untuk menjaga kedaulatan negara,” ungkapnya.

Dengan adanya rotasi di berbagai posisi strategis, TNI diharapkan terus menjaga sinergi dengan seluruh instansi, termasuk Polri yang sudah terbangun selama ini. Puan pun berharap TNI terus membantu pemerintah dalam program-program penanganan pandemi Covid-19, termasuk pengawasan dan vaksinasi.

“Jaga terus amanah, dan teruslah menempatkan negara dan rakyat di atas segala-galanya,” tandasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut