get app
inews
Aa Read Next : Pelindo Regional 3 Masak Besar 1000 Porsi, Dibagikan Gratis untuk Warga

Cara dan Tips Tanamkan Cinta Tanah Air Pada Anak Usia Dini

Kamis, 18 November 2021 | 13:52 WIB
header img
Pendongeng Harris Rizki Akhiruddin atau Kak Harris mengenakan kostum Kera Putih Hanoman bersama boneka Ayis menghibur anak-anak di komplek pemakaman Rangkah Surabaya. (Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki)

SURABAYA, iNews.id - Cinta tanah air merupakan tekad untuk selalu membela tanah air dari segala macam ancaman dan gangguan yang datang. Sehingga rasa cinta terhadap negara ini harus dikenalkan sejak dini.

Untuk menanamkan cinta tanah air pada anak-anak usia dini secara tepat dapat dilakukan dengan berbagai variasi kegiatan, dan pendekatan yang menyenangkan. 

Menurut Pendidik TK Cikal, Prilly Mariana Widyatmiko, terdapat tiga cara utama menanamkan rasa cinta terhadap Indonesia. Diantara melalui cerita, berdiskusi, dan bernyanyi. 

Dalam program Bahasa Indonesia, misalnya, murid di tingkat TK mulai memperoleh pembelajaran mengenai rasa cinta terhadap Indonesia. Cerita rakyat dari berbagai daerah di Indonesia yang bisa disampaikan dengan cara berdiskusi.

"Berbagai aspek dalam cerita seperti latar cerita (dari daerah mana), baju adat yang dipakai tokoh-tokoh dalam cerita dan juga pesan moral yang bisa digali lebih dalam.” tuturnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut