get app
inews
Aa Read Next : Pelindo Regional 3 Masak Besar 1000 Porsi, Dibagikan Gratis untuk Warga

Cara dan Tips Tanamkan Cinta Tanah Air Pada Anak Usia Dini

Kamis, 18 November 2021 | 13:52 WIB
header img
Pendongeng Harris Rizki Akhiruddin atau Kak Harris mengenakan kostum Kera Putih Hanoman bersama boneka Ayis menghibur anak-anak di komplek pemakaman Rangkah Surabaya. (Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki)

Program musik juga menjadi sarana yang menyenangkan bagi anak untuk mengasah rasa cinta pada tanah air Indonesia. Setiap daerah pastinya memiliki lagu-lagu tradisional.

Mendalami setiap musiknya dengan cara memaknai liriknya, membahas budaya yang tersirat dalam setiap lagu daerah bisa menanamkan nasionalisme dan kecintaan anak-anak terhadap budaya indonesia.

Kemudian dalam praktik keseharian di rumah, menurut Prilly, penting sekali bagi orang tua untuk mengenal dengan baik siapa dirinya dan dari mana asalnya. Hal itu untuk menumbuhkan rasa memiliki dalam diri anak terhadap tanah airnya Indonesia. 

“Sebelum anak mengenal budaya bangsa lain, anak harus paham betul siapa dirinya dan dari mana asalnya. Menumbuhkan rasa memiliki (sense of belonging) terhadap Indonesia akan membantu anak memotivasi dirinya sendiri kelak saat dewasa untuk mengabdi dan berguna bagi nusa dan bangsa, yang saya yakin merupakan harapan setiap orang tua,” tuturnya. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut