SURABAYA, iNews.id - Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Diah Natalisa mengungkapkan, inovasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berupa PetaBencana.id telah diakui di dunia internasional.
Bahkan platform PetaBencana.id yang berbentuk peta berbasis situs, langsung, gratis, dan dapat diakses oleh siapapun tersebut mendapat penghargaan pada ajang The United Nations Public Service Awards (UNPSA).
“Platform ini mampu menyediakan informasi bencana secara real-time dengan penggunaan fitur bot pada media sosial yang mampu mengumpulkan, menyortir, dan menampilkan informasi risiko bencana secara langsung,” kata Diah saat menjadi pembicara dalam Simposium Inovasi Pelayanan Publik "Ngulik Jatim Cettar", di Surabaya, Kamis (18/11).
Diah Natalisa mengatakan, pemanfaatan artificial intelligence yang kini banyak diimplementasikan oleh instansi pemerintah dalam berbagai inovasi itu untuk mempercepat pelayanan di berbagai bidang.
Saat ini, kata dia, Kementerian PANRB pun sedang menyusun strategi pemanfaatan artificial intelligence dalam pengelolaan pengaduan pelayanan publik melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!).
Kedepannya, SP4N-LAPOR! akan mengembangkan kecerdasan artifisial yang secara otomatis dapat mengklasifikasikan aduan dan mengirimnya ke instansi yang tepat dengan lebih cepat dan akurat.
“Hal ini tentu agar masyarakat dapat segera mendapatkan tindak lanjut dari pengaduan yang dibuat,” imbuh Diah.
Perlu diketahui, artificial intelligence dapat menjadi solusi percepatan pelayanan publik berbasis digital. Pelayanan digital memungkinkan layanan dapat diakses setiap saat sehingga lebih praktis, efektif dan efisien.
Editor : Ali Masduki