Asistan Ekonomi Digital Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rizal Edwin, menambahkan pelatihan pemasaran digital serta berbagai dukungan yang dilakukan untuk Sentra IKM Tanggulangin, merupakan upaya pemerintah dalam menciptakan ekosistem ekonomi digital untuk IKM dan UMKM yang kuat.
Upaya penguatan partisipasi UMKM dalam ekosistem ekonomi digital dilakukan melalui 2 (dua) pendekatan utama. Diantaranya penguatan Ekosistem UMKM/IKM, terkait perizinan, pajak, sertifikasi, akses pasar, pembiayaan, pelatihan, pendampingan, dan akses bahan baku.
Kemudian penguatan Ekosistem e-Commerce, yang meliputi penciptaan Iklim usaha yang sehat (fair playing field), pembayaran digital, logistik, perlindungan data pribadi, pengendalian informatika, penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik (PSTE) dan infrastruktur digital.
"Melalui program pelatihan dan transformasi digital yang dilakukan, INTAKO dharapkan dapat masuk ke tahap pembangunan ekosistem yang lebih matang. Ekosistem ini disebut dengan nama Rumah Digital. Ekosistem ini menunjukan bahwa jalannya pemasaran digital tidak sekadar pembuatan akun di media sosial saja," terangnya.
Editor : Ali Masduki