get app
inews
Aa Read Next : 2023, Produksi Padi di Jatim Naik 1,93 Persen, Totalnya Capai 9,71 Juta Ton

Petani Kedungudi Panen Perdana Padi Japonica Hasil Kemitraan Bersama PT ATM

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 23:30 WIB
header img
Direktur Utama PT ATM Thiono bersama jajaran internal perusahaan saat menghadiri panen perdana padi varitas Japonica. Foto/Istimewa

Varietas Unggul

Direksi PT ATM, Njoto Adi Susanto menjelaskan, Padi Japonica merupakan varietas unggul. Pertumbuhan batangnya lebih tinggi, rata-rata memiliki ketinggian 110-120 cm. Lebih tahan terhadap penyakit blas dan tungro dan tahan rebah.

"Nasi dari Padi Japonica lebih pulen dengan kadar glikemik/amilosa rendah, sehingga baik untuk orang diet atau pengidap diabetes," ujarnya. 

Perawatan padi ini, kata dia, hampir sama dengan padi pada umumnya. Namun, memang memiliki masa tanam lebih lama sekitar 110-115 hari. Padi ini juga membutuhkan banyak air yang bisa masuk dan keluar pematang (irigasi baik). 

 

Njoto menegaskan, PT ATM akan melakukan tes pH dan unsur hara sebelum pengolahan lahan guna memastikan padi tumbuh sehat dengan hasil meningkat. 

"PT ATM secara rutin mendampingi petani agar mendapatkan hasil yg optimal," tegasnya.

Hal itu sejalan dengan misi PT ATM, yaitu meningkatkan kesejahteraan petani yang berdampak memotivasi petani-petani milenial untuk mau meneruskan pekerjaan bertani dari orang tuanya.

Pada kesempatan yang sama, Lasemi, petani setempat-mengaku senang karena Padi Japonica di lahannya tumbuh subur dan gemuk. 

Ia juga akan mengajak beberapa petani di wilayah tersebut untuk mencoba beralih menanam Padi Japonica melalui kemitraan bersama PT ATM.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut