get app
inews
Aa Read Next : PKKMB UWP 2024, Mengasah Karakter Gen-Z Menuju Generasi EMAS yang Berprestasi

Kinerja Moncer, Bank Jatim Catatkan Laba Bersih Rp1,2 T di Triwulan III

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 17:05 WIB
header img
Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman bersama jajaran direksi dalam Analyst Meeting di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Jumat (28/10/2022). Foto/Istimewa

SURABAYA, iNews.id – Kinerja keuangan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau Bank Jatim (IDX : BJTM) moncer pada Triwulan III 2022. Hingga bulan ke-9 di tahun 2022, Bank Jatim terus menunjukkan tren pertumbuhan kinerja positif bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya (Year on Year/ YoY).

Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman mengatakan, Bank Jatim catatkan peningkatan total kredit yang tumbuh secara keseluruhan sebesar 6,83% (YoY) per September 2022. Pertumbuhan penyaluran kredit Bank Jatim terjadi di seluruh segmen. 

"Hal tersebut sejalan dengan pemulihan ekonomi di berbagai sektor," katanya dalam Analyst Meeting di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Jumat (28/10/2022). Busrul Iman menjelaskan, kredit di sektor UMKM menjadi penyumbang growth tertinggi yang naik sebesar 19,07% (YoY) atau tercatat Rp. 5,73 Triliun di September 2022. 

Hal yang sama juga berlaku pada portofolio kredit Komersial yang mengalami peningkatan sebesar 5,89% atau tercatat Rp. 11,75 Triliun. Portofolio kredit di sektor konsumsi tak luput dari peningkatan signifikan dimana tumbuh sebesar 5,05% atau tercatat Rp. 28,50 Triliun.

Pertumbuhan penyaluran kredit Bank Jatim juga diikuti oleh perbaikan kualitas pinjaman dimana rasio Loan At Risk (LAR) yang melandai di angka 5,76% pada Triwulan III Tahun 2022. Angka ini berbanding 6,96% di tahun sebelumnya (YoY). 

Rasio Non Performing Loan (NPL) Gross  Bank Jatim juga ikut melandai di angka 3,72%, berbanding 4,40% di tahun sebelumnya (YoY). Penurunan rasio NPL dan LAR tersebut mengindikasikan semakin sehatnya kualitas kredit Bank Jatim. 

Pergerakan ini linier dengan kondisi perekonomian Nasional yang semakin baik akibat adanya recovery dari beberapa sektor ekonomi. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut