get app
inews
Aa Read Next : Ukir Sejarah Baru, Dharma Wanita Dindik Jatim dan Dispersip Luncurkan E-Book Perpustakaan Kartini

Gubernur Khofifah Berharap SMK-PK Jadi Agen Perubahan

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 22:34 WIB
header img
Gubernur Khofifah melihat karya dan inovasi SMK-PK dalam EXPO DAN EXPOSE SMK-PK. Foto/Istimewa

SURABAYA, iNews.id - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK) menjadi agen perubahan. Hal itu ia ungkapkan usai melihat karya dan inovasi SMK-PK dalam EXPO DAN EXPOSE SMK-PK (SMK Pusat Keunggulan) yang digelar Dinas Pendidikan Jawa Timur (Dindik Jatim) di Surabaya pada Jumat (28/10/2022).

Kegiatan yang menghadirkan sebanyak 204 SMK PK tersebut digelar pada 27-31 Oktober 2022. Pemeran ini sekaligus menjadi wadah dalam unjuk karya inovasi SMK untuk menarik DUDIKA maupun menjadi entrepreneur.  

Khofifah mengungkapkan, salah satu tantangan SMK-PK adalah meningkatkan kualitas dan kinerja lembaga pendidikan agar lulusannya semakin banyak yang terserap pada DUDIKA. 

"Saya berharap semua SMK Pusat Keunggulan dapat mengimbaskan program-programnya ke semua SMK di Jawa Timur yang berjumlah 2.150 SMK, terdiri dari 298 SMKN dan 1.852 SMK swasta," ungkapnya.

Ia juga berharap SMK-PK dapat menjadi solusi dari permasalahan ketenagakerjaan dan tingkat pengangguran terbuka. SMK-PK juga harus mau berbagi dalam penggunaan peralatan dan sarana pembelajaran yang dibutuhkan SMK lain.  

"Jangan hanya antar SMK-PK, SMK-PK juga harus bekerjasama dengan SMK Non PK untuk melakukan pemetaan kebutuhan tenaga kerja yang dibutuhkan oleh DIDUKA. SMK PK harus menjadi agen perubahan, game changer yang berinisiatif mendorong perubahan mindset SMK-SMK disekitarnya," tegasya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut