get app
inews
Aa Read Next : Kemacetan Parah Ancam Liburan Lebaran di Jombang, Solusi Flyover Jadi Perdebatkan

UMKM Wonosalam Perdalam Sistem Pengelolaan ​​​​​​​

Senin, 06 Desember 2021 | 09:19 WIB
header img
UMKM di Wonosalam, Jombang, Jawa Timur melakukan pembenahan dengan meningkatkan sistem pengelolaan dengan baik.(Foto : iNewsSurabaya/arif)

JOMBANG- iNews.id – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jawa Timur terus melakukan pembenahan pengelolaan. UMKM di Wonosalam, Jombang, Jawa Timur melakukan pembenahan dengan meningkatkan sistem pengelolaan dengan baik.

Tak tanggung-tanggung, UMKM-UMKM ini mendatangkan pembicara Bimo Prasetio, Founder Smart Legal Jakarta untuk mengetahui cara-cara meningkatkan pengelolaan dan penjualan. Acara ini bertajuk ‘Sharing Session’ di Dedurian Park, kawasan Lereng Gunung Anjasmoro yang diselenggarakan oleh Wonosalam Insitute. Acara ini bertemakan ‘Tips Menutup Kebocoran yang Menggerus Keuntungan Bisnis’.

“Kunci yang paling penting untuk meningkatkan pengelolaan adalah integritas,” kata Bimo Prasetio, Founder Smart Legal Jakarta.

Bimo menjelaskan, banyak pengusaha yang terjebak dengan kondisi-kondisi yang dihadapi, termasuk peluang-peluang yang diperoleh. Namun, integritas yang dimiliki terkadang menurun atau bahkan hilang. Jika ini terjadi, ia yakin pengusaha tersebut tidak akan bisa meningkatkan usaha dengan baik. “Paling penting adalah integritas. Cerdas tetapi tidak memiliki integritas maka yang muncul adalah culas,” ujarnya.

Penggagas Wonosalam Institute juga CEO Wonosalam City Park Muhammad Gurning mengatakan, wawasan yang diberikan dalam pertemuan antar UMKM ini sangat penting. Menurut dia, UMKM membutuhkan wawasan supaya bisa meningkatkan usaha yang ditekuni. Hal ini sangat penting supaya mereka mampu berkembang dengan baik dan memiliki visi kedepan.

“Mas Bimo Prasetio berbagi tips kepada puluhan pengusaha UMKM di Jombang dan berbagai daerah yang hadir. Banyak ilmu yang bisa diperoleh dengan pemaparannya,” ujarnya.

Sementara Arvan Sipayung, Direktur Operasional Wonosalam City Park menjelaskan, kawasan Agrowisata Villa terpadu yang sudah hampir selesai ini diharapkan mampu mendongkrak perekonomian daerah. Pariwisata ini akan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas umum untuk pengunjung.

“Nantinya unit Villa  ini akan dilengkapi masjid yang bukan hanya menjawab kebutuhan beribadah layak bagi masyarakat muslim sekitar lokasi. Namun juga untuk fasilitas dasar wahana rekreasi di lereng gunung Anjasmoro,” ungkapnya.

 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut