get app
inews
Aa Read Next : Gus Muhaimin Inginkan Kebudayaan Jadi Panglima Pembangunan Bangsa

Lakon Joko Jumput in Action Obati Kerinduan Obati Kerinduan Panggemar Ludruk

Rabu, 23 November 2022 | 09:55 WIB
header img
Sanggar Ludruk Lintas Generasi Medhang Taruna Budaya (MTB) dalam Pagelaran Ludruk Cinta Negeri di Gedung Cak Durasim, pada Selasa (22/11/2022). Foto/Sanggar MTB

SURABAYA, iNews.id - Joko Jumput in Action yang dibawakan oleh Sanggar Ludruk Lintas Generasi Medhang Taruna Budaya (MTB) dalam Pagelaran Ludruk Cinta Negeri pada Selasa (22/11/2022) di Gedung Cak Durasim, Surabaya, mengobati kerinduan para penggemar Ludruk.

Pagelaran ludruk persembahan Sanggar MTB inipun mendapat apresiasi dari masyarakat Surabaya yang merindukan tontonan ludruk. Berdasarkan informasi, Joko Jumput adalah misanan dari Joko Berek atau yang juga dikenal dengan nama Sawunggaling

Ketua panitia sekaligus Pimpinan Sanggar MTB, Sri Wahyuni, menuturkan seiring dengan perkembangan zaman, kesenian ludruk akan semakin maju dan berkembang menghadapi era komunikasi yang begitu cepat.

"Seni ludruk dapat memberikan sentuhan positif pada berbagai bentuk sikap dalam menghadapi jaman," ucapnya.

Sementara itu Ketua DPRD Jatim Dalam sambutannya, Kusnadi, mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, Ludruk lahir di masyarakat, dan untuk masyarakat.

"Saya mengapresiasi langkah MTB yang mengumpulkan seniman ludruk lintas generasi, sehingga kita berkumpul bersama  disini," ujarnya. 

Selain disaksikan masyarakat umum, pagelaran ini juga disaksikan oleh sejumlah tokoh kota Surabaya. Diantaranya Ketua Dewan Kesenian Surabaya (DKS) Chrisman Hadi, Anggota DPRD Kota Surabaya Dyah Katarina dan Alfian Limardi. Tak ketinggalan, legenda ludruk Cak Kartolo dan Ning Tini juga tampak asik menikmati pertunjukan.

Sebagai infomasi, Sanggar Ludruk Lintas Generasi MTB didirikan oleh Sri Wahyuni pada tanggal 27 Oktober 2010. Sanggar ini bertujuan mewadahi minat dan bakat anak-anak di bidang seni dan budaya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut