get app
inews
Aa Read Next : Dukung Pembangunan IKN Melalui Penerapan SNI

Ridwan Kamil Tokoh Standardisasi Nasional

Kamis, 09 Desember 2021 | 16:16 WIB
header img
Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil. (Foto: iNewsSurabaya/HO/Ali Masduki)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil, dinobatkan BSN sebagai Tokoh Standardisasi Nasional Tahun 2021 kategori aparatur pemerintah provinsi. 

BSN menilai, Ridwan Kamil berperan besar dalam menyuarakan pentingnya standardisasi dan mengembangkan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Menurut Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Kukuh S. Achmad, dukungan Ridwan Kamil terhadap standardisasi dan SNI terutama di wilayah Jawa Barat, sangat besar.

Terutama dalam 2 tahun terakhir ini. Sejak BSN bersama-sama pemerintah Provinsi Jawa Barat meresmikan Kantor Layanan Teknis (KLT) BSN di Bandung pada 26 Februari 2020 lalu.

“Adanya KLT menjadi pemacu kami untuk mendukung visi misi Bapak Gubernur, mewujudkan Jawa Barat Juara Lahir Batin Dengan Inovasi dan Kolaborasi, melalui kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian,” katanya saat penyerahan penghargaan tersebut di Jakarta, Kamis (9/12/2021).

Dari sisi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sejak diresmikan KLT menjadikan standardisasi sebagai rujukan dalam pengembangan inovasi produk lokal, di Jawa Barat.

Seperti sepeda lipat, insinerator, masker kain, produk hasil hutan, produk olahan hasil perikanan, kopi, hingga minuman herbal. 

“Melalui KLT untuk wilayah Jawa Barat, BSN bersama Pemprov Jawa Barat telah melakukan pembinaan penerapan SNI kepada 181 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dengan 22 UMKM telah meraih sertifikat SNI,” tambah Kukuh.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut