get app
inews
Aa Read Next : A2K3 Jawa Timur Gelar Pelantikan Pengurus Baru, Ini Komitmen yang Dibangun untuk Keselamatan Kerja

Sepatu Pengaman Ber-SNI dari PT Alasmas Berkat Utama Berikan Perlindungan untuk Pekerja Lapangan

Rabu, 26 Juli 2023 | 10:53 WIB
header img
Badan Standardisasi Nasional (BSN) menetapkan SNI Sepatu Pengaman sebagai upaya perlindungan kepada konsumen. Foto/BSN

TANGERANG, iNewsSurabaya.id - Para pekerja industri atau perusahaan yang bekerja terutama di lapangan, sangat rentan terhadap bahaya kecelakaan kerja. Oleh sebab itu, kelengkapan kerja yang bisa meminimalisir risiko tersebut sangat dibutuhkan. Salah satunya sepatu pengaman yang ber-Standar Nasional Indonesia atau ber-SNI.

Factory Manager PT. Alasmas Berkat Utama, Usman Wang mengatakan sepatu pengaman memberikan perlindungan kepada pekerja dari berbagai risiko seperti tertimpa benda keras, menginjak benda tajam, menghadapi jalanan terjal, maupun cipratan cairan yang berbahaya.

“Sepatu pengaman menjadi satu perlengkapan yang wajib digunakan karena bagaimana pun juga risiko yang mengenai pada kaki akan berakibat fatal,” ujar Usman di Cikupa, Tangerang, Rabu (26/07/2023) .

Diperlukan berbagai inovasi dan menerapkan standardisasi produk sepatu pengaman, salah satunya SNI. Tujuannya, agar produk yang dihasilkan benar-benar bisa menjamin keselamatan penggunanya.

Sepatu pengaman yang baik adalah yang tak hanya bisa melindungi, namun juga memberikan kenyamanan. Karena kenyamanan meningkatkan produktifitas pekerja.

Lebih dari 20 tahun Alasmas memiliki visi untuk menjadi merek sepatu pengaman yang berkualitas global dan siap bersaing di pasar internasional, dan telah melindungi pekerja di Indonesia dan negara tetangga di segala lingkungan dan kondisi serta berkontribusi dalam menciptakan tempat kerja yang lebih aman.

PT Alasmas Berkat Utama di awal berdirinya memproduksi sepatu pengaman dengan merek KRUSHERS. Produk tersebut dipasarkan secara lokal oleh Berkat Niaga Dunia - Berkat Safety di seluruh wilayah Indonesia dan secara ekspor ke Negara South East Asia dan Australia.

Alasmas kini telah berhasil mengembangkan beberapa desain sepatu dari 4 merk (brand) KRUSHERS, AETOS, KAMU, Inservice.

Alasmas mengembangkan inovasi untuk kenyamanan produk sepatu pengaman berupa penggunaan bahan dan desain yang dibuat sehingga pengguna merasa aman dan nyaman.  

Misalnya, berat sepatu yang sangat ringan untuk hitungan sepatu pengaman, model resletting yang membuat pengguna tidak kerepotan untuk menyimpulkan tali sepatu, serta anti air dalam batas tinggi sepatu.

Para pekerja di bidang pertambangan, migas, konstruksi, manufaktur/pabrikan, kimia, farmasi, transportasi, serta usaha restoran dan penginapan, menurutnya, sangat cocok untuk mengggunakan produk sepatu pengaman yang aman dan nyaman.

BSN Tetapkan SNI Sepatu Pengaman

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama dan Layanan Informasi Badan Standardisasi Nasional (BSN), Zul Amri menuturkan, sebagai upaya perlindungan kepada konsumen, maka BSN menetapkan SNI Sepatu Pengaman. 

Harapan BSN, SNI ini dapat diterapkan oleh para pelaku usaha sepatu pengaman, karena SNI Sepatu Pengaman telah diberlakukan secara wajib oleh Kementerian Perindustrian.

SNI yang ditetapkan BSN adalah SNI 8877:2023 sepatu pengaman merevisi SNI 8877:2021. SNI 8877:2021 merupakan revisi dari SNI 8877:2020 yang merupakan gabungan 3 SNI yaitu SNI 0111: 2017 Sepatu Pengaman dari Kulit dengan sol karet cetak vulkanisasi. Kemudian, SNI 7037:2017 Sepatu Pengaman dari kulit dengan sistem jahit. Serta SNI 7079: 2017 Sepatu Pengaman dengan sol polimer.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut