Logo Network
Network

Gubernur Khofifah Kenalkan Turots Ulama Nusantara di Arab Saudi

Lukman
.
Senin, 28 November 2022 | 18:29 WIB
Gubernur Khofifah Kenalkan Turots Ulama Nusantara di Arab Saudi
Gubernur Khofifah mengenalkan manuskrip (turots) karya ulama Indonesia dan kontribusinya untuk keilmuan serta peradaban dunia. Foto/Istimewa

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memulai langkah 'babat alas' atau membuka jalan, mengenalkan manuskrip (turots) karya ulama Indonesia dan kontribusinya untuk keilmuan serta peradaban dunia. 

Dalam gelaran Indonesia Week 2022 yang digelar di Cultural Palace Diplomatic Quarter Riyadh, Arab Saudi, Minggu (27/11/2022), Khofifah menggelar seminar dan pameran 'Intellectual Heritage and Contribution of Indonesian Scholars to The Islamic Civilization'.

Di sana, dipamerkan karya-karya manuskrip kuno ulama nusantara. Mulai turots karya Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan, karya Syaikh Nawawi Al Bantani, karya Syaikh Hasyim Asyari Jombang, Syaikh Mahfudz At-Tarmasi Pacitan, Syaikh Ihsan Jampes Kediri, juga ada pula karya KH Abul Fadhol Senori Tuban. 

"Kegiatan hari ini adalah bagian penting dalam babat alas menggali keunggulan ulama besar Indonesia yang kontribusinya signifikan untuk  keilmuan dunia, termasuk di Arab Saudi," tegas Khofifah. 

Menurut Khofifah, kontribusi ulama Indonesia bahkan sudah dimulai sejak abad ke-14. Sudah banyak kitab-kitab dilahirkan dan juga banyak ulama Indonesia yang wafat di sini.  Seperti  Syeikh Nawawi Al Bantani, memiliki 30 karya kitab turots.

Namun yang sudah terdigitalisasi baru enam kitab. Sehingga yang bisa diakses masyarakat baru enam  dari 30 kitab.

Begitu juga dengan karya Syaichona Kholil, dari 32 kitab karya ulama asal Bangkalan tersebut, baru dua yang sudah terdigitalisasi. 

"Jadi saat ini kondisinya adalah banyak manuskrip karya ulama Indonesia yang ada di Belanda, Inggris, Timur Tengah maupun  Afrika  . Sehingga pertemuan hari ini kami harap akan menjadi awalan baru untuk menjadi titik temu karya ulama dunia," tegasnya.

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.