get app
inews
Aa Read Next : Bertemu Dubes Inggris, Gubernur Khofifah Bahas Proyek Kereta Api di Surabaya

Gubernur Khofifah Kenalkan Turots Ulama Nusantara di Arab Saudi

Senin, 28 November 2022 | 18:29 WIB
header img
Gubernur Khofifah mengenalkan manuskrip (turots) karya ulama Indonesia dan kontribusinya untuk keilmuan serta peradaban dunia. Foto/Istimewa

Perkembangan Islam yang begitu pesat terdengar oleh para ulama Arab Saudi dan disambut sangat baik. Bahkan ulama Arab dikirim ke Indonesia untuk memasifkan perkembangan Islam di nusantara. 

"Saat Islam sudah berkembang pesat di Indonesia, ulama nusantara membangun perhimpunan ulama supaya islam di nusantara sampai ke seantero dunia. Di aceh ada  Syek Abdul Rauf Al Sinkili, syekh Yusuf dari Makassar, syekh Arsyad dari Banjar, Syeikh Abdus Somad dari Palembang juga Syekh Al Nawawi dari Banten atau Syekh Nawawi Al Bantani. Juga ada dari Bogor dan Minangkabau," tegasnya. 

Tidak hanya ulama di Indonesia yang memiliki semangat menyebarkan Islam. Namun ulama Indonesia yang ada di Arab Saudi pun memiliki semangat untuk menjaga Islam yang toleran dan moderat. 

"Maka ulama nusantara di Arab Saudi di tahun 1303 hijriyah atau 1930 masehi mendirikan madrasah Darul Ulum atau yang dikenal dengan madrasah sholatiyah," tandasnya. 

Dengan inisiasi itu, maka ulama Indonesia yang ada di Arab Saudi menjadi semakin terpandang. Bahkan ulama Indonesia khususnya dari Jawa memiliki andil besar di segala bidang di Arab.

"Di antara mereka ada yang menjadi Ketua MUI ada yang menjadi imam salat, dan tidak terhitung yang menjadi pengajar di Masjidil Haram. Bahkan ada yang membangun yayasan khusus perempuan, ada yang menjadi muthawif dan menjadi penulis. Dari situlah peran ulama Indonesia semakin pesat untuk peradaban di Hijaz Arab Saudi," pungkasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut