get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Keren! Dosen Untag Surabaya Dampingi Warga Sidoarjo Buat Ikon Wisata Kelengkeng di Desa Semoketawang

Selasa, 29 November 2022 | 22:08 WIB
header img
Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya membuat terobosan pengembangan wisata desa yang dilakukan Prodi Arsitektur, Fakultas Teknik Untag Surabaya. Foto iNewsSurabaya/ist

Salah satu langkah yang dilakukan tim Untag dengan cara membangun penanda wisata yaitu Ikon Kelengkeng. Penanda ini nantinya dapat digunakan sebagai salah satu wahana yang dapat menarik pengunjung. Dengan begitu, tujuan untuk menghidupkan ekonomi desa bisa dilakukan dengan baik.

Sementara itu, Kepala Desa Simoketawang, Abdul Waras mengatakan, kegiatan yang dilakukan Untag Surabaya ini dilaksanakan selama 6 bulan, mulai Juli hingga Desember 2022 dengan 4 bulan efektif pelaksanaan (Agustus hingga Nopember). Bulan Juli 2022 merupakan tahap persiapan dan Desember 2022 merupakan tahap evaluasi. 

“Jadi bulan Agustus melakukan koordinasi, pada September baru melakukan fokus pengerjaan program ini,” ujarnya.


Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya membuat terobosan pengembangan wisata desa yang dilakukan Prodi Arsitektur, Fakultas Teknik Untag Surabaya. Foto iNewsSurabaya/ist

Sekertaris Desa Suyanto mengaku bangga dengan program yang dijalankan Untag Surabaya untuk mengembangkan wisata desa. “Saya sangat berterimakasih kepada tim Universitas 17 Agustus 1945 yang membantu untuk pendampingan pembuatan Icon Kelengkeng, sehingga pembuatan Icon Kelengkeng di desa Wisata Kampung Kelengkeng dapat berjalan dengan lancar dengan hasil yang maksimal,” katanya.

“Desain yang dibuat memiliki filosofi yang dalam yaitu seperti buah kelengkeng yang baru dipetik jadi masih segar. Hal ini melambangkan bahwa desa wisata ini ingin mempertahankan kesegarannya atau kondisi alami lingkungannya yang dapat kami berikan kepada wisatawan yang dating,” lanjut Abdul Waras, Kepala Desa Simoketawang.

“Kami selaku masyarakat Desa Simoketawang bangga saat ini memiliki icon wisata yang dibantu oleh Untag Surabaya. Desain yang dibuat tidak hanya dapat digunakan untuk berfoto, namun juga dapat digunakan untuk duduk bersantai, juga dapat menikmati ikan yang ada di kolam dibawah icon samping tempat duduk,” ungkap Nadzor selaku ketua Karang Taruna.

 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut