get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Andai Teroris Itu Nonton Film Kingdom of Heaven

Minggu, 11 Desember 2022 | 07:20 WIB
header img
Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag.

Salah satu film _epic_ yang mengisahkan perjumpaan pahit antara Islam dengan Kristen adalah film _Kingdom of Heaven_. Film yang rilis tahun 2005 ini menggambarkan bagaimana dahsyatnya perang salib antara pasukan Islam dengan Kristen di abad ke-12. Perang salib adalah kisah pedih perjumpaan antara Islam dengan Kristen yang sentimennya terus dirasakan kedua belah pihak hingga saat ini.

Salah satu bagian “indah” dari film ini adalah saat Balian (diperankan Orlando Bloom), pemimpin pasukan Kristen, berjumpa dengan Shalahuddin (diperankan Ghassan Massoud), pimpinan pasukan Islam, bernegosiasi untuk menyerahkan Jerusalim ke Islam. Di sinilah percakapan Balian dengan Shalahuddin sangat menyentuh hati. 

Bagi seorang Balian yang meyakini peperangan ini adalah perang yang sepenuhnya ilahi untuk mempertahankan Kota Suci Jerusalim, menyerahkannya kepada musuh seperti sebuah kekalahan iman. Ketika dia harus meninggalkan Jerusalim, dia perlu mendengarkan jaminan dari komandan musuhnya.

Di depan Balian, Shalahuddin memberi penawaran. _“I will give everyone journey to the Land of Christian. Everyone, women, children, parents, and knights and warriors, as well as your queen…. No one will be hurt. I swear to God.”_ (“Saya akan menjamin keselamatan setiap orang Kristen yang ingin pindah ke Negeri Kristen. Setiap orang, perempuan, anak-anak, orang tua, para ksatria, seluruh pasukan, termasuk Ratumu. Tak ada seorang pun yang akan disakiti. Demi Allah”). 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut